Inilah Maksud dan Arti Tipe Rumah, Penjelasan Mudah Tipe 21, 36, 45, 54, 60, 72, 90, 100, 120 dst. Ulasan definisi ukuran rumah bagaimana pengertiannya agar tidak salah dalam membangun atau membeli rumah sesuai tipe hunian, harapan dan idaman keluarga. Tak hanya bentuk muka rumah, rupanya jenis tipe rumah bagi sebagian orang masih membingungkan dan kadang membuat penasaran. Ada berapa jenis tipe rumah? Jawaban pertanyaan itu disesuaikan dengan kondisi luas lahan dan luas bangunan. Tipe rumah diartikan dengan perbandingan luas bangunan dengan luas lahan. Maksud dan arti dari jenis-jenis rumah yang biasa disebar melalui brosur, leaflet, banner dan promosi perumahan bisa dilihat dari gambar denah rumah yang ada.

Gambar desain rumah bisa juga memberikan penjelasan tipe rumah seperti apa yang diinginkan. Tipe rumah yang dikeluarkan oleh pihak-pihak yang melakukan promosi disesuikan dengan minat dan daya beli masyarakat. Tipe rumah harus mempertimbangkan selain aspek luas bangunan dan lahan juga mempertimbangkan aspek desain denah rumah (2D/3D), aspek lingkungan dan aspek ekonomi. Tipe-tipe rumah yang sangat marak digenjarkan penawarannya adalah rumah minimalis 1 atau 2 lantai. Rumah minimalis dipercaya bisa menjangkau siapapun karena biayanya minim dan rendah. Peluang ini sangat terbuka sekali dan memudahlan masyarakat dalam menikmati hunian yang terjangkau dan sudah siap pakai.


Inilah penjelasan singkat tipe-tipe rumah yang dimaksud:

Maksud dan Arti Tipe Rumah Tipe 21 (luas bangunan 21 m2)

Adalah rumah dengan luas bangunan 21 meter persegi misalnya rumah dengan ukuran 6 m x 3,5 m = 21 m2, ukuran tanah pada rumah tipe 21 ini dapat dipadukan dengan ukuran luas tanah 6 m x 10 m = 60 m2 dan 6 m x 12 m = 72 m2 sehingga disebut rumah tipe 21/60 atau 21/72, tipe rumah ini banyak digunakan untuk pemasaran rumah dengan model minimalis dan sederhana yang mengutamakan biaya rumah terjangkau, rumah ini umumnya memiliki 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi / wc, 1 dapur sehingga cocok digunakan oleh pasangan muda.

Maksud dan Arti  Rumah Tipe 36 (Luas bangunan 36 m2)

Dengan arti bahwa rumah yang mempunyai luas lantai sebesar 36 m2 sebagai contoh dengan sebuah rumah ukuran 6 m x 6 m = 36 m2, pengunaan lahan pada rumah tipe 36 ini dapat dipadukan dengan beberapa ukuran luas tanah seperti 60 m2 sehingga disebut rumah tipe 36/60 di perumahan atau ukuran luas tanah 72 m2 dengan nama tipe rumah 36/72, rumah tipe 36 di perumahan ini mempunyai 2 kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga serta 1 kamar mandi / wc.

BACA JUGA:


Maksud dan Arti Rumah tipe 45 (luas bangunan 45 m2)

Sebagai penjelasannya adalah rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2 contoh gampang dengan ukuran rumah 6 m x 7,5 m = 45 m2 sehingga disebut rumah tipe 45. Untuk padua luas tanahmenyesuakan pemahaman tipe rumah sebelumnya. Contoh dan ukuran sangat beragam.

Maksud dan Arti Rumah tipe 54 (luas bangunan 54 m2)

Hal ini dimaksudkan rumah dengan ukuran bangunan 6 m x 9m = 54 m2 sehingga disebut rumah tipe 54 di perumahan, tipe rumah ini digunakan pada rumah kelas menengah yang mengutamakan keluasan bangunan namun dengan harga rumah yang masih dapat dijangkau konsumen calon pemilik rumah di perumahan.

Maksud dan Arti Rumah tipe 60 (luas bangunan 60 m2)

Memiliki penjelasan yaitu ukuran bangunan 6 m x 10 m = 60 m2 sehingga disebut rumah tipe 60. Tipe rumah dengan luas bangunan 60 m2 sangat leluasa dan luas untuk pasangan muda. Memami tipe rumah memang lebih mudah dari pada memahami konsep atau perencanaan rumah yang akan dibangun.

Untuk tipe rumah 70, tipe rumah 90, tipe rumah 100, dan tipe rumah 120 pengertian dan penjelasannya sesuai yang sudah disampaikan di atas, tinggal mengikuti data-data yang ada. Data rumah dengan tipe luas bagunan dan luas lahan bisa membuat kita untuk merencanakan tahapan atau langkah-langkah membangun hunian yang nyaman. Tipe rumah di pasaran masih didominasi untuk tipe-tipe 21, tipe 36 dan tipe 45. Selain type rumah sederhana yang menjadi buruan adalah rumah minimalis yang unik. Untuk tipe 60 ke atas memang memiliki segmen dan pasar tersendiri. BACA JUGA: Gambar Desain Denah Rumah Tiga Dimensi (3D) Terkini. [M. Anis – WartaSolo.com]