Tips Makan Ketika Bersama Anak Tercinta.  Makan bersama dirumah, memiliki manfaat yang kuar biasa. Selain membangun kedekatan, bagi balita anda adalah menjadi sebuah pembelajaran berharga dalam banyak hal. Bahkan juga akan memberikan daya lihat buat anak kita, misalkan dengan bagaimana cara kita makan dengan sendok ataupun dengan tanpa sendok.

Anak adalah aset kita semua untuk kelangsungan hidup di dunia ini,maka dari itu sangat penting untuk bagaimana memberika teladan yang baik untuk anak kita dalam hal apapun. Salah satunya adalah tentang bagaimana tips makan bersama anak sebagai berikut :


  1. Ajak semua anggota keluarga untuk memilih menu dan menyiapkan makanan. Sediakan menu beragam yang dapat dinikmati oleh semua (dewasa dan balita). Minta tolong balita anda untuk meletakkan sendok atau serbet di meja. Ini akan mengasah visual, intelektual, tanggung jawab, kepercayaan diri  dan perbendaharaan kata anak.
  2. Siapkan kursi khusus bagi balita yang tinggi badannya belum sessuai dengan tinggi meja, agar dia merasa nyaman. Balita anda akan belajar bahwa ia diharapkan untuk duduk disaat makan, tidak berjalan di ruangan atau sambil bermain.
  3. Berdoa sebelum makan untuk menghargai dan bersyukur pada Allah atas makanan yang tersedia. Kebiasaan ini dapat mengembangkan keyakinan mereka untuk tidak membuang makanan.
  4. Bercakap-cakap ringan, misalnya, tanyakan menegenai rasa makanan, makanan apa yang diinginkan untuk waktu makan selanjutnya. Ini adalah sebagao latihan anak anda untuk mengungkapkan keninginannya.
  5. Tunjukan kasih sayang denagn saling melayani antar anggota keluarga seperti mengambilkan lauk, mengoper piring dan saling mengucapkan terima kasih.
  6. Suapi balita yang belum bisa makan sendiri. Jika dilakukan dengan rasa tulus dan gembeira, balita akan merasakan kasih saying dari orang tuanya.
  7. Tunjukan table manner seperti tidak berbicara saat makanan penuh di mulut, tidak mengunyah dimulut terbuka dan bersuara, tidak mengambil makanan yang jauh dari tempatnya tapi minta tolong diambilkan.

Baca Juga : Tips memilih Produk Perawatan Bayi

Maka dari itu dengan tips yang kami suguhkan kali ini minimal akan menjadi bekal bagi anak anda untuk sukses di kehidupan sisalnya kelak. Bahwa dalam hidup itu ada aturan yang harus di lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai seorang anak atau balita. [YuQe-WartaSolo.com]