Cara Memakai Kontak Lens Agar Tidak Perih

Cara Memakai Kontak Lens Agar Tidak Perih

Cara Memakai Kontak Lens Agar Tidak Perih. Soflen atau yang biasanya kita sebut dengan softlens atau lensa kontak, merupakan benda yang melekat langsung di mata pengguna. Oleh sebab itu kelalaian dalam memakai soflen dapat menyebabkan mata perih, merah, atau gangguan lainnya karena kurangnya higienis dalam kontak lensa. Awalnya softlens atau lensa kontak hanya digunakan sebagai alat bantu lihat bagi seseorang yang menderita mata minus namun belakangan soflens digunakan untuk mempercantik penampilan.

Softlens memang bisa membuat mata menjadi lebih indah, meskipun akan memberikan kesan indah pada mata namun tak sedikit yang belum mengetahui cara menggunakan soflens yang aman. Padahal hal ini merupakan hal utama yang perlu diperhatikan karena mata merupakan indera yang sangat penting pada tubuh kita.

Apalagi sofltlens merupakan benda asing yang bersentuhan langsung dengan bola mata. Sehingga sangat sensitif dalam penakaiannya, karena jika salah dalam pemakaian maka bisa berakibat fatal bagi mata.

Cara Memakai Kontak Lens

Sebenarnya, cara memakai softlens bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan dari orang lain. Namun anda harus mengetahui syarat dan langkah-langkah memakai softlens yang benar. Untuk menghindari segala sesuatu yang bisa membahayakan mata, berikut ini adalah cara menggunakan softlens untuk pemula yang aman dan benar.

Baca Juga:

Cara menggunakan softlens yang aman dan benar yaitu dimulai dari menjaga higienis softlens itu sendiri agar tidak bakteri yang menyebabkan iritasi pada mata. Sebelum anda memakai softlens, sebaiknya pastikan tangan anda bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan keringkan dengan handuk hingga benar-benar bersih.

Pastikan softlens teredam di dalam cairan khusus softlens dalam tempatnya tujuannya menghindari soflens dari berbagai macam bakteri dan debu. Selanjutnya yaitu bersihkan softlens dengan cara menggosok kedua bagian atau sisi softlens tersebut menggunakan cairan pembersih khusus softlens pada kedua sisi kurang lebih selama 10 menit.

Sebelum digunakan perhatikan kondisi softlens anda, apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak ingat tanggal kadaluarsanya. Caranya yaitu dengan mengamati apakah ada bagian yang robek atau ada kotoran yang menempel. Selain kebersihan softlens, anda juga harus menjaga kebersihan dan juga kelembaban mata anda.

Jangan menggunakan softlens saat tidur, karena di saat tidur mata akan lebih kering dan softlens menjadi susah untuk dilepaskan. Rajin-rajinlah menggunakan obat tetes mata yang dikhususkan untuk pengguna softlens agar kondisi mata selalu lembab dan tidak iritasi hati-hati bila mempunyai mata yang sensitif.

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.