Manfaat Daun Kelor Yang Mulai Terlupakan

Manfaat Daun Kelor Yang Mulai Terlupakan

Manfaat Daun Kelor Yang Mulai Terlupakan. Daun kelor, daun dengan ukuran kecil namun menyimpan sejuta manfaat. Peribahasa menyebut “dunia memang tak selebar daun kelor” istilah tersebut memang benar meskipun daun kelor mempunyai ukuran yang kecil namun manfaat luar biasa yang terkandung didalamnya.

Daun kelor mempunyai ciri daunnya berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil, daun tersusun rapi pada tangkainya. Jaman dulu daun kelor banyak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Namun seiring perkembangan zaman dan melalui penelitian kandungan dalam daun kelor memang luar biasa.


Pemanfaatan daun kelor bisa melalui daun, kulit batang, buah serta bijinya. Yang perlu menjadi catatan bahwa daun kelor memiliki kandungan potasium 3 kali lipat dari buah pisang, kalium 4 kali dari segelas susu, vitamin C 7 kali lipat dari buah jeruk, vitamin A 4 kali dari wortel, protein 2 kali lipat dari susu.

Manfaat Daun Kelor

Jadi bagi anda yang ingin memperbaiki gizi harian anda anda bisa mengkonsumsi daun kelor. Anda bisa membuat sayur daun kelor atau merebut dan meminum seduhannya. Berikut manfaat daun kelor yang akan kita ulas lebih lanjut.

Baca Juga:

Menjaga Berat Badan

kandungan yang terdapat dalam daun kelor yang mampu menjaga berat badan agar tetap stabil yaitu poliphenol. Tugas dari poliphenol yaitu sebagai antioksidan yang mampu mendotoksifikasi racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk Kecantikan

daun kelor sangat bermanfaat bagi kecantikan selain mampu menghilangkan flek hitam diwajah masker daun kelor juga sangat bagus untuk perawatan kulit wajah karena kandungan didalamnya yang begitu banyak vitamin yang bagus untuk kulit.

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam daun kelor jelas sangat dibutuhkan mata. daun kelor mampu menjernihkan mata dan menjaga mata dari berbagai macam gangguan mata.

Antioksidan dan Anti Inflamasi

Dalam daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi menyerupai obat anti-inflamasi. Tidak hanya itu daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat sudah bisa dipastikan akan menjaga organ dalam anda terutama ginjal. Makanan yang sehat mampu memperlancar sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan dan bagus untuk tubuh.

Anti Kanker

Kandungan potasium dalam daun keloryang tinggi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan dengan mengkonsumsi secara teratur mampu menghilangkan sel kanker.

Demikian manfaat dari daun kelor yang selama ini justru terlupakan. Anda bisa menggunakan daun kelor untuk memenuhi kebutuhan anda terutama memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Tidak ada efek samping bila mengkonsumsi daun kelor dalam jangka panjang jadi sangat aman bagi kesehatan tubuh anda. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: katmut, dan lainnya.
Loading...