Tips Puasa Sehat Ditengah Pandemi Corona



Tips Puasa Sehat Ditengah Pandemi Corona

Tips Puasa Sehat Ditengah Pandemi Corona. Menjalani puasa tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Puasa ditengah pandemi corona memang begitu berat. Kita harus menyiapkan stamina yang fit untuk sehat berpuasa ditengah pandemi. Dampak pandemi yang kita rasakan tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental.

Terlebih pada saat ini kita memasuki bulan ramadhan ditengah pandemi corona. Padahal pada saat puasa tubuh akan kekurangan air, gizi, vitamin dan mineral. Kebutuhan nutrisi haian tersebut harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh disaat puasa.


Mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolah raga menjadi cara utama untuk meningkatkan imunitas tubuh, Namun bagaimana bila kita sedang berpuasa?

Tips Puasa Sehat Ditengah Pandemi Corona

Berikut cara mudah puasa sehat ditengah pandemi corona yang bisa kita terapkan untuk menjalani puasa ramadhan tahun ini.

Perhatikan asupan makanan

Asupan makanan untuk anggota keluarga menjadi peran utama seorang ibu. Asupan makanan yang dikonsumsi anggota keluarga pada saat buka puasa dan ssahur harus mampu mengganti nutrisi yang hilang selama melakukan puasa. Untuk menjaga dan meninkatkan daya tahan tubuh anggota keluarga.

Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi, tinggi protein, rendah gula dan lemak untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama menjalankan ibadah puasa tubuh harus tetap berenergi.

Kondisi kesehatan yang prima akan membantu kita menuntaskan puasa selama 1 bulan penuh dengan situasi yang tidak normal seperti sekarang ini.

Tetap rumah saja

Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan di rumah termasuk bekerja, sekolah hingga ibadah untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Membatasi ruang gerak dengan tetap di rumah saja, saat ini menjadi solusi agar kita tidak terpapar virus corona. Jika terpaksa keluar rumah, maka ikuti protokol keluar dan masuk rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Olahraga rumah saja

Tidak ada larangan untuk tetap melakukan olahraga saat menjalankan puasa. Hanya saja kamu perlu pilih waktu yang tepat.

Lakukan olahraga ringan, serta berolahragalah menjelang waktu berbuka. Tujuannya supaya energy yang digunakan untuk berolahraga segera tergantikan saat buka puasa.

Tips yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Masak lebih awal. Kalau sudah beres, lakukan olahraga 20 menit sebelum waktu berbuka puasa. Ini cara tepat jika kamu ingin langsung minum air putih setelah berolah raga.
  • Olahraga di pagi hari. Ini bisa dilakukan jika kamu tidak punya keluhan kesehatan. Kamu bisa langsung bersih-bersih dan mandi. Lebih baik olahraga daripada lanjut tidur di pagi hari habis sahur.

Baca Juga:

Lengkapi nutrisi dengan multivitamin

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin kesehatan. Jenis mulitvatamin yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Tapi tentunya pola hidup seimbang dengan mengkonsumsi makanan begizi menjadi kunci utama.

Anda bisa mengkonsumsi suplemen berupa multivitamin yaitu vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

Minum multivitamin saat puasa gunanya untuk membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

Lakukan hal yang kamu senangi

Selain menjaga kesehatan fisik, kamu perlu menjaga kesehatan mental. Termasuk menjaga hubungan kamu dengan pasangan dan anak-anak.

Lakukan hal yang kamu senangi seperti menjahit, bermain alat musik, membuat cerita pendek, memasak atau sekadar nonton acara televisi.

Apapun yang membuat Mama merasa senang.

Jangan sampai wabah Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa kamu dan keluarga. Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah.

Demikian tadi tips sehat berpuasa ditengah pandemic corona. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, virus corona segera berakhir dan mampu menjalankan puasa ramadhan dengan lancar. [Yuni H.-WartaSolo.com]