Cara Mudah Mencegah Influenza Dimusim Hujan

Cara Mudah Mencegah Influenza Dimusim Hujan


Cara Mudah Mencegah Influenza Dimusim Hujan. Influenza atau lebih dikenal dengan sebutan flu yang ditandai dengan gejala awal menggigil, demam, nyeri otot, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk dan lemas. Influenza salah satu penyakit yang sangat mudah penyebarannya. Pada artikel sebelumnya kami pernah mengulas mengenai Tips mengatasi Influenza pada bayi, gejala influenza, penyebab dan cara mengatasinya serta Flu singapura rentan terhadap anak.

Influenza atau flu merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh virus RNA dari familia orthomyxoviridae yang biasanya menyerang unggas dan mamalia. Penularan influenza bisa melalui air liur, udara.


Pada musim hujan biasanya penyakit flu lebih sering melanda. Hal tersebut dikarenakan cuaca yang dingin ketahanan tubuh terbagi antara menangkal rasa dingin dengan virus influenza. Penularan influenza pada musim hujan juga sangat cepat.

Cara Mudah Mencegah Influenza

Untuk itu sebelum penyakit influenza melanda sebaiknya sebagai manusia cerdas mencegah kemungkinan terburuk yaitu tertular penyakit flu. Seperti yang dilansir oleh duniainformasikesehatan Cara untuk mencegah Influenza yaitu dengan cara:

Pemberian Vaksin Influenza

Anak diatas usia 6 bulan hingga orang tua harus mendapatkan Vaksin Flu setiap tahunnya, terlebih dimana musim flu sedang melanda. Jika Anda adalah ibu hamil atau Anda adalah orang yang memiliki masalah dengan beberapa alergi, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan Vaksin Flu.

Biasakan untuk mencuci tangan

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan sebelum tidur. Atau setelah batuk, bersin, dan setelah Anda membersihkan hidung. Karena jika tidak segera dibersihkan bakteri atau virus akan mudah menempel di tangan dan akhirnya menyebabkan flu.

Simak Juga:

Jauhkan batuk dan bersin dari diri Anda sendiri

Menjauhkan batuk dan bersin dari diri Anda sendiri dengan cara menggunakan tissu atau sapu tangan, atau jika Anda harus menggunakan bagian dari tubuh Anda untuk menahan batuk atau bersin, gunakan bagian dalam siku Anda. Perhatikan! Penting untuk tidak menggunakan tangan ketika menahan batuk dan bersin.

Jauhkan tangan Anda dari mulut, hidung, dan mata.

Di musim dingin atau di musim flu adalah saat yang tepat untuk benar benar melakukan tips-tips di atas. Karena tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan mengurangi kontak tangan dengan hidung, mata, dan mulut tentu dapat mengurangi resiko Anda terkena flu.

Kita sering memegang sesuatu yang terkadang menjadi sumber kuman dan virus, kemudian tanpa sadar, kita langsung mengambil makanan, tusuk gigi, sendok, piring dan lain sebagainya, dan kemudian menggunakannya. Itulah yang menyebabkan seseorang lebih mudah terkenal virus seperti flu. Baca juga : Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

Biasakan mencuci tangan

Cara terbaik untuk mencegah terkenal dan mencegah penyebaran flu adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan langkah yang pertama.

Kebiasaan baik berupa mencuci tangan, adalah sebuah kebiasaan yang dapat mencegah kuman masuk ke dalam mulut dan tubuh Anda.

Semoga cara diatas dapat mengurangi tingkat penderita influenza dimusim hujan. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman penghangat tubuh. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...