Manfaat Timun, Kandungan Nutrisi Serta Efek Samping Bagi Kesehatan



manfaat mentimun serta efek sampingnya

Manfaat Timun, Kandungan Nutrisi Serta Efek Samping Bagi Kesehatan. Timun banyak digunakan sebagai lalapan atau sebagai perawatan kecantikan yang biasa ditutupkan ke mata saat kita melakukan perawatan wajah. Ketimun merupakan sumber yang baik dari fitonutrien (bahan kimia tanaman yang memiliki sifat pencegahan pelindung atau penyakit) Seperti flavonoid, lignan dan triterpen, yang memiliki antioksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker.

Kulit dan biji merupakan bagian yang paling padat nutrisi dari mentimun. Itu mengandung serat dan beta-karoten, serta vitamin A yang baik untuk mata, itulah alas an kenapa timun sering nemplok dimata saat kita melakukan perawatan, biji mentimun merupakan sumber yang baik dari mineral, dan berisi kalsium. Selain itu Ketimun juga memberikan sejumlah kecil vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium, mangan dan vitamin A.

Manfaat dari timun memang sangatlah banyak mulai dari kecantikan, kesehatan untuk tulang berikut manfaat dari buah timun

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Hidrasi

Senyawa anti-inflamasi dalam mentimun mampu membantu menghilangkan limbah dari tubuh dan mengurangi iritasi kulit. selain itu timun juga mampu menyamarkan kerut dan aktivitas anti-penuaan.

Pencegahan Kanker

Mentimun mengandung dua senyawa phytonutrisi terkait dengan manfaat anti-kanker: lignan dan cucurbitacins. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan farmasi telah memberikan perhatian khusus untuk cucurbitacins, berharap untuk menggunakannya dalam obat kanker. Dengan mengkonsumsi timun kita mampu menghambat sel kanker.

Kesehatan Kulit

Timun banyak digunakan didunia kecantikan. Timun memiliki pendingin dan efek menenangkan yang menurunkan pembengkakan, iritasi dan peradangan bila digunakan secara topikal. Irisan mentimun dapat ditempatkan pada mata dapat menurunkan bengkak atau meringankan dan mengobati sengatan matahari ketika ditempatkan pada daerah yang terkena. Dia juga mencatat bahwa asupan sayuran yang tinggi dikaitkan dengan kulit yang sehat pada umumnya. Sudah banyak kosmetik yang menggunakan ekstra timun karena kandungan timun dipercaya mampu menyegarkan dan mencegah kulit keriput.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Dengan Mentimun

Kesehatan Tulang

Timun mengandung vitamin K yang berfungsi untuk tulang, serta mampu bekerja dengan vitamin D yang fungsinya mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mempengaruhi keseimbangan kalsium.

Antioksidan

Mentimun mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten dan mangan, serta flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C dikenal untuk manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta-karoten telah terbukti bermanfaat untuk penglihatan, menurut Mayo Clinic.

Kesehatan Jantung

Kalium merupakan bagian penting dari kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menghubungkan dengan tekanan darah rendah karena meningkatkan vasodiliation (pelebaran pembuluh darah), Vitamin K dalam mentimun juga dikenal sangat penting dalam proses pembekuan darah.

Baca Juga: Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Risiko Makan Mentimun

Beberapa risiko dari makan timun. resiko pestisida. dari penyemprotan hama yang dilakukan untuk mencegak penyakit pada buah timun.

Namun secara keseluruhan tidak ada risiko akut dari mengkonsumsi mentimun, namun kembali lagi bahwa sesuatu yang berlebihan akan berimbas masalah lain.

Mengenai timun dapat mengobati atau mencegah kanker dalam beberapa penelitian telah disebutkan, bahwa para peneliti mengungkapkan dalam beberapa kasus hal itu bereaksi namun dalam kondisi lain tidak berpengaruh.

Demikian ulasan mengenai manfaat dari mentimun serta efek samping dan kandungan nutrisinya. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Simak Juga: Manfaat Dan Efek Samping Mentimun Bagi Kesehatan  [YuQe-WartaSolo.com]