Tips Menyimpan Kentang Dengan Baik Dan Benar Dan Tahan Lama



menyimpan kentang yang baik agar tahan lama

Tips Menyimpan Kentang Dengan Baik Dan Benar Dan Tahan Lama. Sampai saat ini kentang merupakan salah satu bahan makanan yang disukai kebanyakan orang mulai dari balita hingga orang tua. Kentang memiliki rasa yang khas, nutrisinya sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, Kentang juga bisa dijadikan berbagai panganan enak dan lezat. Hal itulah yang menjadikan kentang banyak disukai.

Bagi anda yang gemar makan kentang dan mempunyai pasokan kentang yang banyak dirumah, jangan sekali-kali menyimpan kentang dalam lemari pendingin. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Anda sebaiknya menyimpannya ditempat terbuka. Karena jika kentang disimpan dalam lemari pendingin zat pati kentang akan berubah menjadi zat gula.

Anda pasti galau dibuat oleh makanan yang satu ini, Karena kentang akan berubah warna bila kentang yang sudah dikupas akan berubah warna kecoklatan jika dibiarkan begitu saja dalam ruang terbuka, hal inilah yang menjadikan kentang hampir menyerupai buah apel. Kandungan enzim peroksidase dan katalase didalam kentang bereaksi dengan oksigen.

Untuk menginaktifkan enzim peroksidase dan katalase bisa dilakukan berbagai cara spt:

  • Dilakukan blanching. Caranya dengan merebus kentang selama 1 menit di dalam air mendidih. Lalu rendam di dalam air dingin. Selanjutnya tinggal dikupas. Dengan blanching, maka proses browning dapat dicegah.
  • Merendam dalam larutan garam dapur dan air kapur sirih. Campur 2 sendok makan garam halus dan 1 sendok makan air kapur siri. Larutkan di dalam 1 liter air. Rendam potongan kentang selama 1 jam. Bilas dan tiriskan. Cara ini lebih murah dan menghasilkan kentang lebih gurih selain untuk mencegah reaksi browning.
  • Merendam potongan kentang menggunakan larutan natrium bisulfit dengan dosis 1gr/ 1lt air. Rendam potongan kentang selama 1 jam dan bilas dengan air bersih. Cara ini sangat efektif untuk mencegah reaksi browning pada kentang.

Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Tips Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama Dan Aman Untuk Kesehatan

  • Kentang mentah sebaiknya disimpan dalam suhu ruang yang sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan menyimpan kentang mentah di dalam kulkas, karena akan menyebabkan kentang bertunas selain itu zat pati dalam kentang akan berubah menjadi zat gula bila kentang diolah dengan cara digoreng akan bahaya bagi kesehatan.
  • Untuk kentang yang telah dikupas, lakukan proses blanching terlebih dahulu. Setelah dingin, simpan di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Menyimpan kentang kupas di dalam kulkas akan memperpanjang daya simpan hingga 7 hari.
  • Menyimpan kentang kupas yang telah di-blanch bisa diletakan di dalam freezer. Menyimpan kentang kupas di dalam freezer akan memperpanjang daya simpan hingga 2-6 bulan.
  • Jika Anda hanya mengolah sedikit kentang dan untuk keperluan sekali masak. Cukup rendam potongan kentang di dalam air dan kentang tidak akan berubah warna.
  • Kentang mentah yang disimpan lama, apalagi jika kentang terkena sinar matahari langsung, bisa mengubah warna kulit kentang menjadi kehijauan. Jangan mengolah kentang yang sudah berubah menjadi kehijauan karena kentang ini terkadang sudah mengandung racun yang bernama solanin.

Demikian cara menyimpan kentang dengan baik dan aman untuk kesehatan. Anda bisa membaca ulasan lengkap mengenai alasan kenapa tidak boleh menyimpan kentang dalam kulkas secara lengkap. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuKe-WartaSolo.com]