Kue Kering Hari Raya 1438H: Kue Kering Kacang Mede Membuat Mata Tergoda. Pemandangan indah kue-kue kering yang tersaji di hari raya pasti berkesan bagi Anda. Mulai dari setoples penuh kue nastar, putri salju, hingga kastengel mungkin bergelayut akrab di dalam memori Anda. Aneka rasa dari kue0kue tersebut yang mmbuat kita ingin segera mencicipinya. Salah satu kue wajib yang disajikan adalah kue kering kacang mede.

Kacang memiliki citarasa gurih, wangi dan tekstur yang menggigit di lidah, oleh karena itu tak jarang orang mengunakan kacang sebagai campuran kue kering. Kita bisa berkreasi dengan menggunakan kacang mede untuk membuat kue.


Kue kering kacang mede mempunyai tampilan yang sangat menggoda bagi yang melihatnya. Tak ayal jika kue yang satu ini menjadi primadona jika dibandingkan dengan kue yang lainnya. Cara membuat kue kering kacang mede juga sangat mudah. Berikut cara membuat kue kering kacang mede yang enak dan sangat berkesan

Bahan-bahan Membuat Kue Kering Kacang Mede

  • 125 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 1 kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok makan susu cair
  • 100 gram kacang mede sangrai, didinginkan, dihaluskan
  • ½ sendok teh baking powder
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 75 gram kacang mede, belah dua, sangrai setengah matang.

Cara Membuat Kue Kering Kacang Mede

  1. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 150ºC.
  2. Kocok margarin dan gula halus menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama 2 menit. Tambahkan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan kacang mede ke dalam adonan, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Giling adonan hingga tebalnya sekitar 2-3 cm. Cetak bulat dengan diameter 3 cm, atau dengan cetakan berbentuk bulan sabit. Letakkan di loyang yang telah dioles mentega/margarin sebelumnya, beri jarak antar kue.
  5. Oleskan kuning telur ke atas kue, letakkan satu buah kacang mede di atasnya.
  6. Oven dengan api bawah, suhu 150ºC selama 40 menit sampai matang.
  7. Angkat dan dinginkan, masukkan ke toples kedap udara untuk penyimpanan.

Demikian tadi cara membuat kue kering kacang mede. Dalam pembuatan kue kering memang kreatifitas kita perlu ditaruhkan misalkan dalam toping. Kue kering kacang mede akan lebih berkesan bila dikasih toping kacang mede utuh. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Widaran Keju, Sensai Telur Gabusnya Menggoda Lidah serta Cheese Stick Rasa Kejunya Nendang Banget Dimulut  [YuQe-WartaSolo.com]