Manfaat Kersen atau Talok Bagi Kesehatan

Manfaat Kersen atau Talok Bagi Kesehatan


Manfaat Kersen atau Talok Bagi Kesehatan. Buah talok atau buah kersen banyak tumbuh liar di pinggir sungai. Talok merupaka buah yang berwarn merah dengan diameter 1,5 cm dan berasa sangat manis.Ciri tanaman talok antara lain memiliki daun kecil berbulu dan lengket, batang tumbuh tnggi dengan sedikit bulu, serta buah diseiap tangkai dengan warna hijau kalau masih mentah dan merah kalau sudah matang dengan rasa yang sangat manis.

Buah talok dapat anda temukan dengan mudah dipedesaan. Tumbuhan talok termasuk tumbuhan liar karena bisa tumbuh dimana saja tanpa harus menanamnya. Namun bagi anda yang ingin membudidayakannya anda bisa menggunakanbuah talok untuk dikeringkan dan disemai.


Persebaran tumbuhan talok karena bantuan burung. Burung yang membawa buah talok yang sudah masak dan menjatuhkann disembarang tempat. Tanaman talok dapat dengan mudah tumbuh tanpa adanya perawatan khsus.

Manfaat Kersen atau Talok Bagi Kesehatan

Meskipun temasuk tanaman liar namun buah talok sering menjadi perburuan anak-anak. Tak hanya itu saja ternyat buah talok memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan. berikut beberapa manfaat buah talok yang akan kami informasikan.

Antioksidan

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Antibakteri

Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

Demikian manfaat dan khasiat kersen atau talok untuk kesehatan yang begitu banyak dan sangat ampuh. Anda juga bisa mencoba khasiat tanaman lain seperti manfaat kangkung atau 10 Macam Sauran super sehat.[Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...