Pembunuhan Kim Jong-nam: Bersembunyi dimanakah Kim Han-sol?



dimana persembunyian kim han sol

Pembunuhan Kim Jong-nam: Bersembunyi dimanakah Kim Han-sol? Kim Han-sol adalah anak Kim Jong-nam. Beredar sebuah video yang diduga anak Kim Jong-nam memberitakan kondisi terkini. Santer isu bahwa target pembuhan selanjutnya adalah anak Kim Jong-Nam. Sampai sekarang keberadaannya masih misterius. Dalam video yang berdurasi 40 detik menampilkan Kim Han-sol dalam kondisi baik. Dari video ini menjadi heboh, lantaran keaslian dan posisinya sekarang menjadi incaran beberapa pihak.

Video pendek dengan judul “KHS VIDEO” itu diupload ke situs YouTube oleh sebuah kelompok bernama Cheollima Civil Defense pada Selasa (7/3/2017) waktu setempat. Kelompok yang menawarkan perlindungan bagi warga Korut itu, disebut menghubungi media Singapura, Channel News Asia, setelah mengupload video tersebut.

“Nama saya Kim Han-Sol, dari Korea Utara, bagian dari keluarga Kim,” ucap pria yang diduga anak Jong-Nam dalam video berdurasi 40 detik itu, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (8/3/2017). Kim Jong-nam adalah saudara tiri satu ayah dengan Kim Jon-un, pemimpin Korut sekarang.

BACA JUGA:  Silsilah Keluarga Pemimpin Korut

“Ayah saya tewas dibunuh beberapa hari lalu. Saya saat ini bersama ibu dan saudara perempuan saya. Kami berterima kasih kepada …,” diucapkan Han-sol dalam bahasa Inggris dengan lancar. Pada bagian akhir video, pria bernama Kim Han-sol menutup video dengan mengungkapkan: “Kami berharap ini segera membaik.”

Juga dalam video itu, Han-sol menunjukkan paspor miliknya sebagai bukti identitas. Tapi bagian penting dalam paspor itu dihitamkan sehingga penonton video tidak bisa membacanya karena diblock hitam.

Keaslian Kim Han-sol dalam video

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) secara terpisah, mengkonfirmasi pemuda dalam video itu memang Kim Han-Sol. “Pria ini memang Kim Han-Sol,” ucap juru bicara Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS) kepada AFP. Juru bicara ini enggan memberi keterangan lebih lanjut. Sedangkan aktivis dari Koalisi Rakyat untuk HAM Korban Penculikan dan Pengungsi Korut, Do Hee Youn, juga membenarkan bahwa pria itu merupakan Kim Han-sol.

Tanggapan pihak Malaysia mengenai video tersebut, Inspektur Jenderal Polisi Malaysia Khalid Abu Bakar, menyatakan akan memeriksanya. “Kami tentu akan memeriksanya. Sejauh ini, belum bisa dikonfirmasikan bahwa itu memang dia (Han-Sol),” ucap Khalid seperti dilansir media The Star.

Dalam pertanyaan mengenai mendapatkan sampel DNA dari keluarga Jong-nam untuk membantu proses identifikasi, Khalid menyatakan pihaknya memiliki cara sendiri. “Namun, saya tidak bisa menjelaskannya karena akan membahayakan penyelidikan,” jelasnya.

anak kim jong-nam is Kim-Han-sol

foto Kim Han-sol di hari-hari biasa

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Antara Kim Jong-il, Kim Jong-nam, dan Kim Jong-un: Korut Negeri Diktator Tergila
Melihat situs Cheollima Civil Defense menyatakan telah melindungi keluarga Jong-nam dalam beberapa waktu terakhir. Menurut kelompok itu, keluarga Jong-nam telah meminta perlindungan sejak bulan lalu. “Tiga anggota keluarga ini ditemui dengan segera dan direlokasi ke tempat aman,” hal inilah yang disampaikan kelompok ini dan enggan menyebut keberadaan keluarga Jong-nam. Hingga saat ini keberadaan keluarga Jong-nam masih misterius.

Perkiraan Posisi Kim Han-sol

Han-sol adalah anak pertama dari istri kedua Jong-nam. Pemuda itu kini berusia 21 tahun ini, diyakini lulusan Sciences Po University di Paris, Prancis. Dia hidup bersama keluarganya dalam pengasingan di Macau, sebelum akhirnya menghilang pasca Kim Jong-nam dibunuh.

Polisi diraja Malaysia masih bekerja keras dan masih berupaya dalam mengejar pelaku pembunuh Jong-nam yang diduga tersangka masih bersembunyi di Kedutaan Korut, Kualalumpur. BACA JUGA: Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Masih Bersembunyi di Malaysia? [MA – WartaSolo.com]