Ternyata Pembunuh Kim Jong-nam Masih di Malaysia: Bersembunyi Dimanakah?



siapa pembunuh kim jong nam wartasolo.com

Ternyata Pembunuh Kim Jong-nam Masih di Malaysia: Bersembunyi Dimanakah? Buntut dari kasus terbunuhnya Kim Jong-nam duta besar dua negara saling menarik diri. Bahkan ada tindakan saling usir dari kedua negara. Pemandangan hubungan bilateral yang tak sedap dalam kancah Internasional. Dua warga Korea Utara (Korut) yang dicari untuk diperiksa sehubungan dengan pembunuhan Kim Jong-nam masih bersembunyi.

Persembunyian dua orang Korut yang masih dalam pencariaan polisi diraja Malaysia masih menyisakan hasil tanda tanya. Dari hasil investigasi polisi akhirnya diketahui ternyata mereka bersembunyi di Kedutaan Korut, Kuala Lumpur. Begitu pernyataan Kepala Polisi Malaysia Khalid Abu Bakar.


“Berapa lama lagi mereka ingin bersembunyi di Kedutaan. Itu adalah masalah waktu sebelum mereka keluar,” kata Khalid Abu Bakar dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/3/2017).

BACA JUGA: Siapa Pembunuh Kim Jong-nam?

Lanjutnya Khalid mengatakan bahwa pihak berwenang Korut tidak bekerja sama dalam penyelidikan. Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un, tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Ia tewas dibunuh menggunakan racun saraf VX, yang diklasifikasikan sebagai senjata pemusnah massal oleh PBB.

Pada waktu sebelumnya pihak kepolisian Malaysia telah menetapkan dua warga Korut sebagai tersangka pembunuhan Kim Jong-nam. Mereka adalah sekretaris kedua kedutaan Korut di Kuala Lumpur, Hyon Kwang-song, dan staf maskapai penerbangan Korut Air Koryo, Kim Uk-il.

Song diduga telah melarikan empat tersangka asal Korut bersama karyawan Air Koryo dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu, hari yang sama dengan tewasnya Kim Jong-nam. Keempat tersangka asal Korut diyakini otak dari penyerangan yang berujung pada tewasnya Jong-nam.

Ditengarahi, Song memiliki kekebalan diplomatik dan Inspektur Jenderal Khalid telah mengatakan sebelumnya bahwa polisi Malaysia akan mematuhi protokol internasional untuk mendapatkan informasi dari yang bersangkutan.

Teka-teki aktor pembunuhan Kim Jong-nam sudah mulai menunjukkan arah dengan diketahui 2 orang tersangka yang masih bersembunyi di kedutaan Korut di Malaysia. BACA JUGA: Korea Utara Negeri Diktator Tergila. [M. Anis – WartaSolo.com]