Pembunuhan Kim Jong-nam, Siapa Pelakunya ?



kim_jong_nam_dan kim jong un

Pembunuhan Kim Jong-nam, Siapa Pelakunya ?

Hubungan Korea Utara dan dan Malaysia makin tegang. Peristiwa terbunuhnya Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, 13 februari 2017 lalu berdampak pada hubungan kedua negara. Malaysia akhirnya menarik duta besarnya dari Korea Utara.


BACA JUGA : Kim Jong-nam adalah Saudara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un 

Kondisi jenazah Kim Jong-nam masih diisolasi pihak Malaysia guna penyelidikan. Terdengar kabar dijaga dan dikawal ketat oleh pasukan khusus sehingga siapa saja yang mau berurusan perihal Kim Jong-nam, termasuk anaknya, Kim Han-sol juga harus sesuai prosedur Malaysia. Sampai saat ini posisi Kim Han-sol masih belum diketahui.

Upaya komunikasi beberapa negara sudah berjalan, mulai dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Korea Utara. Indonesia dilibatkan karena salah satu wargannya yang bernama Siti Aisyah diduga terlibat atas kejadian itu. Vietnam juga bahwa warganya yang bernama Doan Thi Huong diberitakan sebagai pengalih perhatian dalam kejadian itu.

Warga Korea Utara bernama Ri Jong Hol yang disebut-sebut sebagai seorang pekerja teknologi informasi dan tinggal di Kuala Lumpur ditangkap polisi Diraja Malaysia. Orang itu juga diduga terlibat kasus pembunuhan Kim Jong-nam.

Malaysia sampai sekarang belum menyetujui pemulangan jenazah Kim Jong-nam dikarenakan masih diperlukannya tes DNA. Korea Utara berusaha ngotot atas pemulangan jenazah dan dijawab tegas pula oleh Malaysia bahwa pemulangan jenazah belum bisa dilakukan.

BACA JUGA : Korea Utara Negeri Diktator Tergila, Satu Kisah Mulai dari Kim Jong Il, Kim Jon Un sampai Kim Jong Nam

Total ada 7 orang yang masih buron, 4 sudah ditangkap dengan status tersangka, Kepolisian Malaysia memburu 7 pria lainnya. Empat pria telah terindentifikasi dan 3 pria lainnya belum terindentifikasi. Para pria tersebut masih diburu.

Empat orang yang kini berstatus tersangka adalah Siti Aisyah, Doan Thi Huong, Ri Jong Chol, dan Muhammad Farid bin Jalalludin. Muhammad Farid bin Jalalludin diketahui adalah pacar Siti Aisyah. Ada jejak 3 pria berusia 30-50 tahun diduga agen intelijen Korea Utara yang tertangkap kamera. Ketiga pria itu diduga memperalat Siti Aisyah dan Doan Thi Huong untuk membunuh Kim Jong-nam dan ada kemungkinan sudah kabur dari Malaysia. Mereka tertangkap kamera sempat berganti baju sebelum menuju terminal keberangkatan untuk mengejar penerbangannya.

Tudingan Korea Selatan

Korea Selatan menuding bahwa Korea Utara terlibat pembunuhan Kim Jong-nam. Lewat Jeong Joon-Hee, Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea yang menangani hubungan dua negara tetangga itu berkomentar, “Kami percaya rejim Korut terlibat insiden ini, terlebih lagi lima tersangka berkebangsaan Korea Utara,“ tutur Jeong Joon-Hee, Minggu (19/2/2017). (Reuters)

Jeong menolak mengelaborasi lebih jauh temuan intelijen yang didapat negaranya.

Para buron sempat mampir di Jakarta, Rusia dan beberapa kota lain untuk mengelabui pihak keamanan sebelum akhirnya kembali ke Pyongyang. BACA JUGA : Korea Utara : Sekilas Cerita Negara Sosialis yang Pernah Mesra dengan Indonesia[M. Anis – WartaSolo.com]