Inilah Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan. Tanaman yang satu ini memang lumayan banyak disukai dan ternyata sangat kaya akan protein yang diyakini bisa memberikan banyak manfaat. Perludiketahui bahwa, tanaman okra juga memiliki beragam vitamin dan mineral yang dapat membuat anda suka juga kepingin untuk mengonsumsinya. Okra atau sering disebut juga jari wanita ataupun barnia merupakan  salah satu jenis tanaman berbunga abadi yang termasuk tanaman genus hibicus dari keluarga Malvaceae (kapas-kapasan).


Okra adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan di negara-negara beriklim tropis. Cara pengolahannya adalah dengan dicincang, atau diiris, kemudian di rebus atau digoreng dengan minyak panas. Hal ini dilakukan untuk melembutkan tekstur mucilaginous okra. Dapat juga dikombinasikan dengan sayuran lain, nasi, atau daging agar menjadi lebih nikmat ketika disantap.

Baca Juga : 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Inilah beberapa manfaat okra merah bagi kesehatan :

  1. Mengandung vitamin C yang dimilikinya dii dalam 100 gram okra setidaknya terkandungn vitamin C sekitar 23 mg. Kandungan vitamin C ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
  2. Serat yang terkandung di dalam okra adalah serat larut. Serat jenis ini sama dengan serat yang terkandung didalam oatmeal. Dengan kandungan serat larut tersebut, okra diyakini dapat mencegah konstipasi dan dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Kandungan serat yang terdapat didalam okra juga dipercaya baik untuk penderita diabetes, karena dapat meningkatkan kerja hormon insulin yang berhubungan dengan meningkatnya kontrol gula darah yang lebih baik lagi.
  3. Selain kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur, ternyata protein juga terkandung didalam okra merah. Adapun manfaat protein itu sendiri adalah untuk membuat sel baru dalam tubuh serta memperbaiki sel tubuh yang rusak untuk beraktivitas.
  4. Berkat kandungannya yang kaya akan magnesium, okra menjadi salah satu makanan yang dapat merangsang hasrat seksual atau afrodisiak. Dimana kandungan magnesium ini membantu tubuh menjadi lebih rileks secara alami. Selain magnesium, okra juga mengandung vitamin B, folat, zinc, dan zat besi yang menjaga kesehatan organ intim.

Baca Juga : Inilah Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan

Sedangkan untuk di Pulau Karibia, okra dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sup, ataupun diolah bersama-sama dengan ikan. Dapat digunakan juga sebagai bahan pembuat acar, ataupun bisa juga diawetkan seperti sayuran lainnya. Dimana daun okra juga dapat dimasak atau dikonsumsi mentah seperti salad dll. Bahkan, di Mesir okra diolah bersama dengan daging dompa ataupun sapi untuk menjadi makanan yang familiar.  Simak Juga : 10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh. [YuQe-WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juni 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.