Tips tetap Sehat Setelah Makan Daging Kambing

Tips tetap Sehat Setelah Makan Daging Kambing

Tips tetap Sehat Setelah Makan Daging Kambing. Disaat Idul Adha banyak sekali olahan daging yang ada dirumah. Salah satunya olahan daging kambing. Bagi sebagian orang, daging kambing bisa menjadi obat yang mujarab untuk mengobati tekanan darah rendah. Namun demikian, bagi sebagian orang lain lagi, mengonsumsi daging kambing bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Tapi jangan khawatir, mengonsumsi daging kambing tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan bila mengonsumsi daging kambing sedikit dan sewajarnya. Selain itu, pola hidup yang sehat juga bisa mencegah Anda dari terkena seranga berbagai gangguan kesehatan akibat dan makan daging kambing. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila ingin tetap sehat dan terhindar dari bahaya atau efek buruk setelah makan daging kambing:

  1. 1. Pilih olahan yang tepat

Menjadikan daging kambing sebagai sate atau sup (sop) mungkin bisa jadi pilihan. Pasalahnya, daging kambing yang dibuat menjadi sate memiliki jumlah lemak yang lebih sedikit karena proses pembakaran dan penggunaan bumbu rempah yang dicampur bisa menetralisir kadar lemak yang berlebih. Sementara bila dibuat sup, jumlah kalorinya lebih sedikit karena adanya tambahan air dan sayuran. Berbeda bila dimasang gulai atau tengkleng lemaknya menjadi semakin banyak karena adanya santan dalam masakan tersebut.

Tips tetap Sehat Setelah Makan Daging Kambing

  1. Makan sayur dan buah

Mengonsumsi berbagai jenis sayuran sangat disarankan setelah makan daging kambing. Beberapa jenis sayuran seperti kubis, tomat, mentimun, wortel, dan kemangi bisa jadi pilihan yang terbaik. Apalagi daun kemangi bisa mengurangi dan menghilangkan bau daging kambing di mulut Anda. Buah-buahan juga bisa mengimbangi jumlah kalori yang masuk sehingga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol.

  1. Hindari makanan berlemak dan manisan

Setelah makan daging kambing, maka lemak dan kalori dalam tubuh akan meningkat. Karena itulah maka sebaiknya Anda hindari makanan yang manis dan juga berlemak, seperti sirup manis, kue tart, dan lain sebagainya. Yang bisa memicu meningkatnya kadar lemak tubuh.

  1. Pilih minuman yang hangat dan sehat

Minum air hangat atau air jeruk yang hangat lebih bagus karena bisa membantu membersihkan kerongkongan, dan hindari juga minum teh atau kopi setelah makan daging kambing. Minuman seperti teh dan kopi bisa melarutkan kandungan zat besi yang ada pada makanan yang Anda makan. Bila memang terpaksa harus minum teh atau kopi, sebaiknya beri jeda sekitar 1 jam setelah Anda makan daging kambing.

  1. Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan akan bisa membantu mengurangi kadar kalori dan lemak dalam tubuh setelah makan daging kambing. Anda bisa coba lakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau lari-lari kecil. Karena kadar lemak akan berkurang melalui keringat

  1. Hipertensi = jangan makan daging kambing

Punya riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi? Sebaiknya Anda jauhkan pikiran untuk makan daging kambing. Pasalnya, daging kambing dipercaya bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah secara drastis.

Semoga tulisan diatas berguna bagi pembaca yang memang mencari wacana untuk kesehatan setelah mengkonsumsi daging kambing. Biasakan mengikuti pola hidup sehat agar kita tetap sehat. [Yuni – WartaSolo.com]