Cara Membuat Bolu kukus ketan Empuknya Gag Ketulungan

Cara Membuat Bolu kukus ketan Empuknya Gag Ketulungan

Cara Membuat Bolu kukus ketan Empuknya Gag Ketulungan. Penggunaan ketan baik ketan hitam maupun ketan putih untuk membuat Bolu kukus ketan merupakan salah satu ide yang sangat bagus. Penggunaannya dalam membuat Bolu kukus ketan mampu memberikan tekstur serta kekhasan rasa yang begitu istimewa di lidah.

Cara cepat membuat Bolu kukus ketan yang enak dan lembut. Bahan membuat Bolu kukus ketan yang menggoda banget. Tips membuat Bolu kukus ketan yang nikmat dan cocok sebagai kudapan. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai cara membuat lupis ketan yang rasanya mantap banget dan anti bantat.


Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bentuk menyerupai beras namun yang membedakan antara ketan dengan beras yaitu tekstur dari ketan lebih kenyal dan lebih lengket serta memiliki rasa yang begitu khas. Ada dua jenis ketan yang biasa dikonsumsi yaitu ketan hitam dan ketan putih.

Cara Membuat Bolu kukus ketan

Cara cepat membuat Bolu kukus ketan juga sangat mudah sama halnya membuat Bolu kukus ketan pada umumnya. Bahan yang digunakan juga sangta impel dan tidak memakan banyak waktu. Namun bila anda membuat Bolu kukus ketan dari ubi jalar anda bisa mengurangi gula dalam takaran.

Berikut Resep dan Cara Cepat Membuat Bolu kukus ketan Yang Mantab.

Bahan:

  • 6 butir telur ayam yang kondisinya masih segar (kuning dan putih telurnya masih kental)
  • 250 gram gula pasir halus atau gula pasir bubuk
  • 1/4 sendok teh garam dapur beryodium
  • 1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  • 250 gram tepung ketan hitam kualitas bagus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 200 gram margarin dilelehkan
  • 2 sendok makan susu kental manis putih. Untuk merek silahkan gunakan merek kesukaan anda.

Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam :

  1. Langkah membuat pertama anda kocok telur ditambah dengan gula pasir halus, garam, dan juga emulsifier sampai bahan adonan mengembang.
  2. Kedua anda tambahkan tepung ketan hitam, baking powder, dan juga vanili bubuk sambil anda ayak dan aduk rata.
  3. Ketiga anda masukkan margarin leleh atau margarin yang sudah dipanaskan dan juga susu kental manis putih sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.
  4. Keempat anda tuang adonan tadi ke dalam loyang 24x24x6 cm yang telah dioles margarin yang telah beralas kertas roti.
  5. Terakhir langkah ke lima anda kukus adonan yang didalam loyang tadi selama 25 menit sampai matang dengan intensitas api sedang.

Demikian tadi resep membuat Bolu kukus ketan yang enak dan pastinya lembut dilidah yang bisa anda prakekkan sendiri dirumah. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti cara membuat donat mini isi strawbery atau cara membuat hunkue saus madu. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...