Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Kegunaannya Hingga Kombinasi Dengan Herbal Lainnya



Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Kegunaannya Hingga Kombinasi Dengan Herbal Lainnya

Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Kegunaannya Hingga Kombinasi Dengan Herbal Lainnya. Daun sirih bisa tumbuh bebas di dekat rumah kita. Depan rumah, kebun maupun kadang di pagar kita. Hanya saja daun sirih seperti apa saja kegunaannya jarang disadari secara baik oleh siapa saja yang menjumpainya. Bentuk daun lebar cenderung bulat, urat daun konsisten dari pangkal daun ke ujung, warna hijau menjadi ciri khas daun sirih. Apa saja manfaat daun sirih yang perlu diketahui?

Daun sirih memiliki bau yang unik apalagi bila Anda meremasnya maka aroma khas sirih keluar dan menyengat. Daun ini sering dijumpai di desa-desa dan menjadi campuran paling enak (katanya) sebagai bahan “nginang” (kebiasaan pengganti rokok) biasanya kalangan ibu-ibu atau nenek-enek. Pantas saja beberapa dijumpai gigi para penggemar “kinang” awet dan putih alami. Ini salah satu manfaat saun sirih sebagai campuran kinang.


Daun Sirih adalah bagian dari tanaman sirih atau kalau bahasa latinnya Piper Betle yaitu salah satu tumbuhan asli Indonesia yang berkembang dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon yang lain. Secara umum buah dan daunnya bisa dikunyah dengan tembakau, pinang, gambir serta kapur.

Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sirih merupakan golongan tanaman obat (fitofarmaka) yang sangat berguna untuk kehidupan. Ciri-ciri lebih spesifiki sirih adalah fisik yang merambat dan bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Kegunaannya Hingga Kombinasi

Panjang ukuran daun sirih ini berkisar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Baca Juga:

Berikut mnfaat daun sirih untuk kesehatan.

1. Manfaat daun sirih untuk mengobati bronkhitis.

Ambil 7 lembar daun sirih dan gula batu satu (1) potong. Haluskan daun sirih, kemudian rebus dengan gula batu dan 2 gelas air sampai mendidih. Masukkan rebusan tersebut ke saringan kemudian diamkan sampai dingin.  minum 3 kali per hari,  tiap 1 kali adalah 3 sendok makan.

2. Manfaat daun sirih untuk mengobati penderita radang tenggorokan

Kandungan anti septic daun sirih juga mampu meredakan pendarahan. Adanya azat vulnerary dan minyak atsiri yang bisa memulihkan luka dan menghindarkan infeksi pada tenggorokan. Caranya dengan merebus beberapa daun sirih dan minum air rebusan disaat mengalami sakit tenggorokan saja. Sakit tenggorok tersebut antara lain seperti serak, batuk – batuk, rasa perih ketika menelan, dan termasuk silit bicara (ngomong).

3. Manfaat daun sirih untuk menyembuhkan iritasi pada mata.

Antara lain untuk mata yang mengalami gatal, mata merah, mata sakit dan perih. Solusinya dengan rebusan daun sirih 1-2 lembar untuk meredakan gejala iritasi pada mata. Langkahnya masak daun sirih sampai mendidih bersama ½ – 1 gelas air. Lalu diamkan sampai airnya terasa dingin dan juga tidak panas. Kemudian teteskan hasil rebusan daun siri ke mata, atau anda juga bisa memakai air rebusan sirih untuk mengompres mata anda dengan kain.

4. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan resiko penyakit kanker.

Terdapatnya alkaloid, flavonoid dan juga polifenol dalam daun sirih bermanfaat sebagai antioksidan serta juga anti-inflamasi. Buat rebusan daun sirih dan hasilnya saat masih hangat bisa dicampur gula jawa atau madu sebagai minuman.

5. Mengatasi gangguan haid.

Saat datang bulan dan gangguan bisa saja datang misalnya sakitnya terlalu atau terlalu deras bisa diatasi dengan daun sirih/herbal. Siapkan daun sirih sebanyak 3 sampai 5 lembar. Masak daun tersebut dengan air sampai mendidih. Biarkan dan diamkan sampai tidak terasa panas, selanjutnya minum ketika menjalani masa haid atau menstruasi.

6. Manfaat daun sirih untuk mengatasi diare.

Pilih sirih kira kira 4 sampai 6 lembar, satu (1) sendok minyak kelapa, dan biji lada kira-kira 6 buah, hancurkan semua bahan hingga halus hingga halus, lalu usap hasil tumbukan itu pada perut. Lakukan secara berulang hingga sembuh.

7. Manfaat daun sirih pada penderita sakit gigi.

Ambil dan masak daun sirih bersama 1 gelas berisi air hingga mendidih kemudian tunggu sampai dingin. Pakai hasil rebusan daun sirih itu untuk berkumur, lakukan berulang hingga dirasa sembuh. Adapun teknik lainnya bisa juga dapatkan dua lembar daun sirih kemudian remas-remas bercampur garam dengan jumlah seperlunya. Selanjutnya seduh dan campurkan dengan air panas. aduklah hingga dirasa larut, tunggu sampai dingin dan pakailah untuk berkumur-kumur supaya sakit giginya hilang.

8. Manfaat daun sirih pada penderita alergi.

Gunakan 6 lembar daun sirih, satu potong jahe kuning dan satu setengah sendok minyak kayu putih,. Hancurkan bahan bahan tersebut sampai halus bersamaan. Sesudah halus,  gosokkan pada daerah yang terdapat Alergi atau gatal-gatal.

9. Manfaat daun sirih mengatasi keputihan.

Gunakan sekitar 7-10 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 m5 liter air hingga mendidih. Ketika masih hangat manfaatkan untuk membasuh dan membersihkan.

10. Manfaat daun sirih untuk mengatasi sifilis.

Pilih dan Siapkan daun sirih lumayana banyak kali ini sekitar 25-39 lembar sekaligus dengan tangkainya, garam dapur seperlunya dan gula aren 1 1/4 kg. Didihkan semua bahan dengan 2 liter air, lalu disaring. 1 hari Diminum 3 kali secara berulang-ulang.

11. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan keringat berlebih.

Selain untuk keputihan daun sirih juga berguna mengontrol senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Langkahnya, gosokkan hasil rajangan dari dua lembar daun sirih pada bagian ketiak secara terjadwal. Anda juga boleh minum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas tiap hari.

12. Manfaat daun sirih mengatasi payudara yang membengkak.

Siapkan beberapa lembar daun sirih, lalu bakar hingga layu. Kemudian, taruh pada bagian (payudarara) yang bengkak ketika masih hangat.


13. Sebagai obat asam urat.

Pilih dan ambil 8 lembar daun sirih muda lalu didihkan dalam 500 ml air hingga tersisa 3 gelas saja. Minum dengan rutin 75 ml air panas 3 kali satu hari.

14. Manfaat daun sirih mengontrol produk ASI yang berlebihan.

Siapkan 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa seperlunya. Kemudian olesi daun sirih dengan minyak kelapa. Lalu dipanaskan dengan api. Dipakai dengan menempelkan pada area buah dada ketika masih hangat.

15. Untuk mengatasi sakit jantung.

Gunakan 3 lembar daun sirih, biji kemukus 7 pasang, bawang merah 3 siung, dan terakhir jintan putih 1 sendok. Lalu hancur dan lembutkan bahan tersebut sampai benar-benar halus, dicampur dengan 5 sendok air panas. Diamkan beberapa menit, lalu ditekan dan disaring. Setelah itu gunakan dengan aturan pakai diminum 2 kali setiap hari dan dilakukan secara rutin.

16. Manfaat daun sirih pada penderita mimisan hidung.

Ambil daun sirih dan sumbatkan lubang hidung dengan gulungan daun sirih yang telah dicuci bersih.

17. Mengobati luka luar.

Rajang/ cacah beberapa helai daun sirih sampai halus lalu gosokkan  pada luka luar. Cara tersebut bisa dilakukan secara berulang-ulang sampai luka pulih kembali.

Ada juga daun sirih yang dikombinasi dengan kunyit untuk mengatasi pencegahan kanker serviks. Simak link berikut Manfaat Kunyit Dicampur Daun Sirih, Bisa Mencegah Kanker Serviks

Baca Juga:

Selain manfaat daun sirih untuk kesehatan juga ada manfaatnya untuk kecantikan. Hanya saja akan di ulas di laman lain agar pembahasan semakin tuntas. Bagi siapa saja silakan bisa mulai sekarang menanam tanaman sirih ini di pekarangan Anda.

Bila terkendala lahan sempit bisa menggunakan pot bunga yang agak besar dan dikasih tiang tengahnya untuk rambatan ke arah tembok Anda. Potong jika suatu saat terlalu panjang. Selamat mencoba khasiat daun sirih yang lama di tinggal orang. [M. Anis – WartaSolo.com]