Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan


Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan. Tanaman binahong adalah tanaman obat yang bisa tumbuh dengan subur di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak manfaat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Eksistensi daun binahong memang tidak setenar daun lain yang misalnya daun sirsak atau daun sirih.

Namun sebenarnya daun binahong mempunyai manfaat yang sangat banyak, sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat terutama untuk mengobati luka.


Tanaman yang dimungkinkan berasal dari negara Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an. Tanaman ini juga sangat terkenal di Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, ribuan tahun yang lalu. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.

Manfaat Daun Binahong

Tanaman binahong memiliki ciri batang lunak dengan bentuk silindris dengan warna merah, daunnya dengan tangkai yang sangat pendek dan termasuk daun tunggal dengan ujung runcing dan pangkal membualat. Tanaman binahong mengandung zat antioksidan, flavonoid, alkoloid, saponin serta senyawa lainnya.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

  • Mengobati luka
  • Mencegah Kanker
  • Menangkal Radikal Bebas
  • Obat Sariawan
  • Melancarkan Pencernaan
  • Menghentikan Pendarahan
  • Memulihkan Stamina
  • Mencegah Stroke
  • Mencegah Asam Urat

Anda bisa menggunakan daun, batang, akar dan rimpang tanaman binahong untuk mengatasi berbagai keluhan anda. Anda bisa menggunakan rebusan tanaman binahong minimal 2-3 kali sehari.

Baca Juga:

Namun anda perlu hati-hati dalam mengkonsumsi tanaman binahong sebab daun tanaman binahong juga mempunyai efek samping antara lain pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, nafsu makan menurun, kesulitan BAK, denyut jantung berdebar.

Apabila anda ingin mengkonsumsi tanaman binahong untuk mengobati penyakit anda perlu berkonsultasi dengan profesional medis. Bagiibu hamil dan menyusui diharapkan untuk tidak mengkonsumsi ramuan dari tanaman binahong. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...