Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan



Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, gambar

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan. Pernahkan anda menggunakan minyak zaitun dalam keseharian anda? Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari biji buah zaitun. Pohon zaitun sendiri mempunyai ciri batang keriput dengan warna abu-abu ramping dan cabang pecah-pecah. Buahnya berbentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika masih mentah dan berubah menjadi kekuningan ketika sudah mulai masak.

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai minyak untuk masak, obat herbal, kosmetil, sabun yang mempunyai manfaat luar biasa banyaknya. Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat aman bila digunakan untuk memasak.

Dalam minyak zaitun terkandung lemak, nitamin E, nitamin K serta zat besi. Penggunaan minyak zaitun untuk kesehatan yang sudah teruji manfaatnya. Kadar  lemak yang terkandung dalam 100gr minyak zaitun, meskipun kandungan lemak dalam minyak zaitun tinggi namun sifat lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh dan kadar minyak jenuh dalam minyak zaitun hanya sebanyak 10 persen.

Manfaat Minyak Zaitun

Ada beberapa jenis minyak zaitun tergantung kadar keasamannya diantaranya extra virgin jenis minyak zaitun yang satu ini didapat dari hasilperasan pertama. Pure jenis ini adalah olahan dari extra virgin, Zaitun virgin jenis ini juga didapat dari perasan pertama buah zaitu kadar keasamannya 3 persen.

Baca Juga:

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

  • Menurunkan kolesterol: anda bisa menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh anda dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan.
  • Penyakit jantung: dengan mengkonsumsi 4 sendok minyak zaitun bisa meredakan penyakit jantung anda.
  • Tekanan darah tinggi: minyak zaitun yang berjenis extra virgin bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Kanker payudara: mengkonsumsi minyak zaitun juga meminimalisir kanker payudara.
  • Konstipasi: mengkonsumsi 30ml minyak zaitun mampu dengan ampuh meredakan konstipasi

Apakah anda masih ragu dalam mengkonsumsi minyak zaitun? anda bisa membeli minyak zaitun disupermaket terdekat dirmah anda. Pastikan minyak zaitun yang anda konsumsi terdaftar pada BPOM.RI selain itu lihat juga tanggal pembuatan untuk mengetahui expayed minyak zaitun yang anda konsumsi. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]