3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan, Khasiat Tanaman Obat yang Sering Dilupakan



3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan, Khasiat Tanaman Obat yang Sering Dilupakan

3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan, Khasiat Tanaman Obat yang Sering Dilupakan. Khasiat sesuatu bila seseorang tahu persis apa kegunaannya akan menjadi bahan yang mujarab. Hanya saja begitu banyak tanaman obat seperti daun sirih yang jarang kita pahami padahal bahannya ada di sekitar kita. Malah sering pihak lain yang memanfaatkan khasiat tanaman obat yang tumbuh di sekeliling kita untuk di buat massal (pabrikan) dan dijual lagi ke kita.

Alih-alih kita tahu kegunaannya justru menjadi obyek (konsumen) dari pabrik herbal dari khasiat tanaman yang seharusnya secara alami bisa kita gunakan dengan gratis. Kesadaran akan bahan herbal atau alami sejak dini menjadi perhatian bersama. Tuhan telah menciptakan apapun di sekiling kita dan tinggal kita mengeksplorasinya apa tidak. Mulai dari jahe, kunyit, daun sirsak, daun binahong, daun kelor, dan masih banyak lagi manfaat tanaman obat di sekitar kita.

Tak terkecuali yang namanya daun sirih. Memang banyak sekali manfaat daun sirih untuk kesehatan. Kali ini kita ulas manfaat daun sirih untuk kecantikan yang jarang dilirih orang. Dengan mengetahuinya maka setidaknya untuk cantik dan sehat tidak harus mahal tetapi bisa memanfaatkan dari tanaman obat disekitar kita.

3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan, Khasiat Tanaman Obat yang Sering Dilupakan

Sebelum beranjak ke dalam pembahasan manfaat daun sirih untuk kecantikan kita sejenak mendalami apa itu tanaman sirih. Sering kita dengan dari nenek moyang kita dalam pemanfaatannya menggunakan daun sirih. Baik dari obat luar maupun obat dalam. Teknik pemakaiannya hingga cara memilih bahan (daun sirih).

3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan, Kegunaan Tanaman Obat yang Sering Dilupakan

Sejak dulu sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka). Ini merupakan sesuatu yang sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau.

Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Baca Juga:

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinomayang bersifat malignan. Termasuk kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.


Manfaat Daun untuk Kecantikan

Tidak sedikit orang hanya mengetahui daun sirih hanya untuk kesehatan. Berikut ini diantara daftar manfaat daun sirih untuk kecantikan yang perlu diketahui sebagai resep awet muda:

1. Melenyapkan jerawat.

Caranya dalah dengan memasak 10 lembar daun dengan 250 ml air hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Pakailah air rebusan tersebut untuk mengompres wajah tiap hari secara rutin.

2. Kegunaan daun sirih untuk kecantikan yaitu mampu menghaluskan kulit.

Pilih dan hancurkan 3–5 lembar sirih dengan air panas. Dunakan untuk masker saat telah menjadi hangat, kerjakan setidak-tidaknya satu minggu satu kali. Teraturlah menggunakannya.

3. Mampu menghambat penuaan dini.

Anti aging atau istilah memperlambat penuaan dini menggunakan daun sirih. Langkahnya adalah dengan merebus daun sirih merah 6 lembar, 10 biji kurma, 100 gram kacang hijau dan 40 gram gingseng talinum dalam 4 gelas air sampai hanyabersisa 2 gelas saja. Gabungkan menjadi satu juga dengan 2 sendok makan jeruk dan madu, aduk sampai rata. komsumsi rebusan tersebut 2 kali satu hari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

Baca Juga:

Cantik adalah karunia. Amanah terbaik dengan karunia kecantikan adalah menjaganya. Dengan manfaat daun sirih untuk kecantikan membuat Anda tambah percaya diri apalagi di depan pasangan Anda.

Memang cantik bukan soal sononya untuk jaman now tetapi lebih kepada perawatan apalagi dengan bahan-bahan herbal. Maka kecantikan dari dalam di topang dengan kecantikan dari luar menghasilkan pesona yang kuat. Bandingkan juga dengan manfaat daun sirih untuk kesehatan. [M. Anis – WartaSolo.com]