Peresmian Pasar Klewer Bertepatan dengan Hari Kartini Jumat 21 April 2017: Momen Bersejarah Solo. Hari Jumat 21 April 2017 adalah hari bersejarah baru Kota Solo. Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pasar Klewer Solo. Pasar ini letaknya pas berdampingan dengan Masjid Agung Surakarta sisi Selatan.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) hadir meresmikan Pasar Klewer yang selesai dibangun usai hangus terbakar 2014 lalu. Peresmian ini bertepatan dengan Hari Kartini setiap 21 April peresmian Pasar Klewer memiliki makna tersendiri.


Tradisi kirab boyongan atau pindahan dilakukan para pedagang Pasar Klewer sebelum acara peresmian yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, siangnya.

Kirab dilakukan Jumat (21/4/2017) sejak pukul 08.30 WIB. Ada sekitar 500 pedagang mengikuti kirab tersebut. Barisan depan pedagang membawa nasi tumpeng. Ada pula pedagang yang membawa gunungan dari makanan bahkan juga pakaian dalam.

Ada 70 pedagang lalu bersiap mengikuti prosesi peresmian oleh Presiden Joko Widodo di depan Pasar Klewer. Sedangkan pedagang lainnya bersiap di kiosnya masing-masing untuk menerima kunjungan presiden.

Pejabat humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, mengatakan sebenarnya pedagang belum siap betul untuk berjualan pada hari ini. Pasalnya kios mereka masih butuh penataan.

“Persiapan kita hanya satu minggu, sedangkan untuk menata kios harusnya butuh satu bulan. Inipun banyak yang kesulitan mencari tukang. Jadi masih banyak pedagang yang belum berani jualan hari ini,” ujarnya.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyebut bangunan Pasar Klewer sudah 100 persen rampung. Peresmian dipilih tepat pada Hari Kartini dengan maksud tertentu.

“Pedagang ini banyak yang wanita, simbol dari perjuangan Kartini. Harapannya semoga mereka bisa berjuang di pasar yang baru. Dibangunnya Pasar Klewer ini ibaratnya habis gelap terbitlah terang,” ungkapnya.

BACA JUGA: Wisata Baru Rumah Pohon Banyu Anyep Tempat Selfie Yang Menawan

Sejarah Pasar Klewer Solo saat terbakar habis pada 27 Desember 2014 lalu menjadi kenangan pahit bagi pedagang dan ekonomi Pasar Klewer. Pasar kain terbesar di Jawa Tengah tersebut selanjutnya dibangun kembali dengan dana APBN. Lebih dari dua tahun ratusan pedagangnya menempati kios-kios pasar darurat yang disediakan Pemkot Surakarta di Alun-alun Utara Keraton Surakarta. Baca Juga: 10 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Kota Solo dan Sekitarnya! [M. Anis – WartaSolo.com]