Manfaat Kayu Secang Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

Manfaat Kayu Secang Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

Manfaat Kayu Secang Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit. Banyak sekali khasiat kayu secang yang dapat dugunakan untuk merawat kecantikan wajah maupun kulit tubuh wanita maupun pria, mulai dari remaja hingga tua yang menginginkan penampilan yang lebih maksimal.


Mengenai manfaat kayu secang ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga rakyat indonesia bahkan dunia, sebab kayu ini digunakan sejak dahulu sebagai rempah yang cukup populer, namun tak jarang pula digunakan sebagai bahan atau ramuan untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya untuk maag, diabetes, obat jerawat bahkan berguna untuk kulit bayi karena kandungan-kandungan kayu secang yang kaya akan manfaat ini.

Perlu Anda ketahui manfaat dari kayu secang ini sangat banyak namun ada beberapa orang yang belum mengetahui tentang khasiat kayu secang untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, jikaAnda sudah mengetahuinya kegunaan kayu secang ini dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk kesehatan, kecantikan mulai dari bayi hingga orang tua.

Manfaat Kayu Secang

Kayu secang yang tidak mempunyai efek samping inilah yang diminati oleh masyarakat sebagai bahan untuk kesehatan, kecantikan dan bayi mereka. Kayu secang merupakan tumbuhan yang dikolompokkan kedalam rempah asli indonesia, Kayu secang mempunyai nama latin Caesalpinia Sappan L dan di indonesia sendiri rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak julukan diantaranya: sepang, sopang, cacang, soga jawa.

Ciri-ciri Kayu Secang

Sebelum mengetahui mafaat dari kayu secang, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu ciri dari tumbuhan yang satu ini, tujuannya ialah supaya Anda tau lebih jelas mana secang mana yang bukan.

Pohon: Tanaman secang memiliki tinggi antara 3 hingga 6.5 meter pada umumnya, sedangkan batangnya mirip dengan silinder dan berwana kecoklatan, keunikan dari batang secang yaitu dapat mengeluarkan cairan merah mirip dengan darah.

Daun: Kayu secang ini memiliki ciri daun yang menyirip ganda dan memiliki ukuran 25 s.d 4,2 cm yang berwarna kehijau-hijauan.

Bunga: Bunga dari tanaman secang atau sepang mempunyai bentuk bunga yang tersusun malai dengan ukuran 10 s.d 40 cm, biasanya berada pada bagian ujung batang.

Kandungan Kayu Secang

Manfaat kayu secang bukanlah mitos belaka akan tetapi khasiat kayu secang tersebut bisa dibuktikan dalam dunia medis melalui kandungan-kandungan yang ada didalamnya, berikut kandungan pada kayu secang.

  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Brazilin
  • Saponin
  • Tannin
  • Minyak Atsiri
  • Asam Galat
  • Delta-a
  • Resin
  • Resorin

Manfaat Kayu Secang

Manfaat kayu secang untuk kecatikan sangat banyak antara lain: sebagai antioksidan alami, meremajakan kulit, dapat menangkal radikal bebas, mengobati pendarahan, obat untuk jerawat berbagai obat untuk penyakit kulit (gatal, kudis, kurap biang keringat), antiseptic.

Cara membuat ramuan kayu sencang

Untuk kecantikan cara menggunakan kayu secang cukup mudah dan bisa dibilang sangat gampang. Kita tinggal merebus kayu secang dengan air setelah itu air rebusan kyu secang digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang bermasalah. kayu secang juga bisa dijadikan sebagai mandi untuk mengobati biang keringat dan penyakit kulit lainnya. Tidak hanya itu saja kayu secang bisa juga digunakan untuk mandi sauna yang khasiatnya untuk melembutkan kulit.

SIMAK JUGA: 8 Macam Rempah-Rempah Dan Manfaatnya

Demikian informasi mengenai kandungan, kegunaan, khasiat dan manfaat kayu secang untuk kecantikan kulit. Sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus lebih mengenal tentang rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan termasuk dari khasiat kayu secang ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik. Baca Juga: Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Beserta Kandungan Zatnya serta Manfaat Kulit Secang Untuk Kulit Bayi. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: manfaat kayu secang untuk kulit wajah, manfaat kayu secang untuk kulit, manfaat kayu secang untuk kulit gatal, air secabg untui uwajah, manfaat pohon secang untuk kuliat laki laki, manfaat kayu secang untuk kecantikan, Manfaat kayu secang buat kecantikan, khasiat kayu secang untuk kulit, khasiat kayu secang untuk jerawat, kayu secang mengobati gata, manfaat secang bagi kecantikan, dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juni 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.