Tips Mengatasi Anak Suka Memukul



tips mengatasi anak suka memukul

Tips Mengatasi Anak Suka Memukul. Anak yang tumbuh kembang dengan baik adalah akan mengalami yang namanya permasalah dalah hal tingkah laku baik yang negatif maupun positif. Apabila anak yang sering memukul dalam reaksi terhadap teman-temannya. Hal itu merupakan sesuatu yang negatif dan perlu penanganan yang solutif.

Anak memang cenderung usil juga nganyelke dalam bahasa jawanya dalam tumbuh kembang sesuai umur. Akan tetapi, perlu yang namanya tips untuk mengatasi anak yang suka memukul dengan sengaja terhadap teman-teman mainnya. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi psikologi anak yang melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Tips Melatih Balita Lancar Berbicara

Dan Inilah Tips Mengatasi Anak Suka memukul Sebagai Berikut :

  1. Saat anak memukul, hentikan segera jangan biarkan samapai memukul, bisa jadi anak sedang menguji coba perilaku, maka dapat ditegur dengan contoh seperti ini, ketika anak anda memukul maka pegang tangannya, baru ucapkan dengan tenang tapi tegas dan tunjukkan keseriusan dengan menatap mata anak anda.
  2. Biarkan anak mengeluarkan apa yang dirasakannya, jika anak anda kesulitan dalam mengungkapkan apa yang dirasakan/pikirkan, bantu si anak dengan mendefinisikannya dengan kalimat-kalimat spesifik, dalam perilaku memukul anak semakin kekal terjadi salah satunya karena anak memiliki kesulitan untuk mengkomunikasikan perasaan tidak nyamannya itu melalui perkataan.
  3. Berikan batasan, jika baru sekali memukul mungkin tindakan pertama dan kedua sudah cukup, akan tetapi jika anak mengulangi lagi berikan tindakan batasan yaitu memberikan rule of the games yang jelas, mana yang diterima dan mana yang tidak diterima.
  4. Berikan konsekuensi yang dibuat jika anak anda melampaui batas yang telah diterapkan, mencoba mengulangi perbuatam memukul, konsekuensi terbaik adalah apa yang membuat anak rugi, misalnya diberi sangsi tentang uang jajan yang dikurangi.
  5. Bantu anak cari alternatif tindakan, mungkin anak tidak tahu bahwa ada cara lain selain memukul untuk mengungkapkan ketidaksetujuan, kecewaan, kemarahan, dll.

Simak Juga : Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan TV

Maka dari itu bagi orang tua untuk melatih kemampuan asertif pada anak yaitu kemampuan untuk menyampaikan pendapat atau opini pada orang lain dengan cara yang tepat. Hal ini termasuk kemampuan untuk mengatakan tidak atas tekanan-tekanan yang dialamisaat dia merasa dirugikan dan bukan dengan cara kekerasan. Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng. [YuQe-WartaSolo.com]