Langkah Mudah Menyikat Gigi Yang Benar

Langkah Mudah Menyikat Gigi Yang Benar

Langkah Mudah Menyikat Gigi Yang Benar. Berapa kali anda menggosok gigi dalam satu hari?Sudah benarkah cara menggosok yang anda lakukan? Permasalahan apa yang sering anda keluhkan pada area mulut anda? Menggosok atau menyikat gigi secara teratur merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan gigi namun menggosok gigi harus dengan cara yang benar untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan gigi. Kerusakan gigi yang sering dikeluhkan karena kesalahan dalam menggosok gigo, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut, dapat dihindari jika rutin menyikat gigi.

Dengan menyikat gigi dengan benar dan teratur, gigi dibersihkan dari plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi. Agar dapat membersihkan gigi secara menyeluruh sesuai dengan anjuran yaitu minimal2x dalam sehari malam hari sebelum tidur dan setelah makan.

Sebelum menyikat gigi, siapkan sikat yang sesuai dengan kontur gigi anda dan pasta gigi yang mengandung flouride. Pemilihan sikat yang sesuai dengan kontour gigi akan meminimalkan gigi ngilu karena tekanan yang terlalu kuat. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut. Kepala sikat dengan ujung lancit memudahkan sikat menjangkau bagian gigi terdalam serta sela-sela gigi. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman dipegang sehingga sikat gigi dilakukan dengan benar tanpa melukai gusi.

Langkah Mudah Menyikat Gigi Yang Benar

Yang jarang dilakukan orang adalah kebiasaan membersihkan lidah terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menempel pada lidah biasanya berwarna putih yang dapat menyebabkan bau mulut. Sikat lidah pun menggunakan bulu sikat dan juga menggunakan pasta gigi agar lebih bersih dan sehat.

Simak Juga:

Sikat lidah sejauh yang bisa dijangkau. Semakin jauh ke dalam lidah, semakin bagus karena di bagian paling dalam lidah, banyak bakteri bersarang. Sikat lidah dengan lembut agar jangan sampai melukai lidah yang akhirnya mempengarusi indra perasa.

Seperti yang dilansir oleh Hello Sehat, setelah menyikat lidah, langkah-langkah yang benar dalam menyikat gigi adalah sbb:

  1. Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi hingga membentuk sudut 45 derajat. Mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut terlebih dahulu. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.
  2. Jangan pernah menekan sikat, lakukan dengan lembut agar email gigi tidak rusak.
  3. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi terangkat.
  4. Untuk gigi bagian depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.
  5. Ubah pola menyikat gigi jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang sama membuat ada bagian gigi lain terabaikan.
  6. Jika menyikat gigi dimulai dari bagian geraham atas, maka sikatan akhir pada gigi geraham bawah. Durasi waktu untuk menyikat gigi seluruh bagian sekitar 2-3 menit dan baru setelah itu kumur-kumur hingga gigi bersih.
  7. Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.
  8. Menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif dalam membersihkan gigi. Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi.

langkah mudah menyikat gigi diatas bisa anda terapkan untuk anak anda yang sedang dalam tahap belajar menggosok gigi. Dengan langkah yang tepat sibuah hati akan terbiasa menggososk gigi dengan benar tanpa takut atau was-was akan merusak gigi maupun gusi. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]