Faktor-Faktor Mengi dan Penyebabnya



faktor-faktor mengi

Faktor-Faktor Mengi dan Penyebabnya. Misalkan ada pertanyaan seseorang yang sesak napas pada umur 32 tahun dan ketika di periksakan ke dokter tidak perlu minum obat rutin. Maka dari itu kita harus memahami dulu tentang apa yang namanya mengi yang terjadi pada diri kita yan sangat tidak mengenakkan dan tentunya membuat malu.

Pelu diketahui bahwa, mengi itu sebenarnya bukanlah nama suatu penyakit, melainkan nama sebuah gejala. Para dokter menyebutnya mengi karena menimbulkan suara ngik-ngik ketika bernapas. Dan mengi timbul karena menyempitnya saluran napas itu sendiri.

Baca Juga : Gejala Influenza Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengi sendiri dibedakan ada dua jenis yaitu ; mengi inspirasi dan mengi ekspirasi. Dimana untuk mengi inspirasi terjadi karena saluran napas seseorang menjadi mengecil saat menghirup udara. Sedangkan untuk mengi ekspirasi terjadi karena saluran napas mengecil ketika mengeluarkan napas. Jika orang mengalami penyakit asma dia akan mengeluarkan bunyi ngik-ngik ketika ekspirasi itu sendiri. Kebanyakan orang awam menyebutnya bahwa mengi itu adalah sakit asma, padahal tidak. Asma memang menimbulkan mengi, hanya saja orang yang mengalami mengi belum tentu karena asma.

Faktor-faktor yang menyebabkan mengi antara lain sebagai berikut ; Penyakit asma atau penyakit paru lain tang disebabbkan karena rokok/PPOK, TBC, Pneumonia dll. Makanya untuk memastikan karena apa gejala mengi itu dapat timbul, perlu kita cari tahu apa yang menjadi faktor penyebabbnya dengan melakukan pemeriksaan. Untuk menhetahui apakah mengi itu berasal dari asma, maka kita telusuri dulu dengan bertanya kepada pasien sejak kapan dia mengalami mnegi, apakah ada riwayat asma dari bapak/ibu, kakek/nenek?. Setelah itu kita pastikan dengan tes spirometri.

Simak Juga : Tips Mengatasi Flu Pada Bayi Serta Hidung Tersumbat

Setelah pemeriksaan mengi disebabkan asma, maka kita akan segera mencari tahu derajat asmanya seberapa?. Terkontrol atau tidak terkontrol ataukah terkontrol sebagian. Hasilnya akan menentukan obat dan terapinya.Maka dari itu langsung periksakan ke dokter ya kalau anda semuanya mengalami hal seperti diatas. Baca Juga : Inilah Jenis-Jenis Penyakit Asma. [YuQe-WartaSolo.com]