Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik Secara Alami



Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Anak Dewasa

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik Secara Alami. Bagaimana cara merawat gigi dan mulut secara optimal, Bagi Anda yang sudah dewasa dan orang tua yang mempunyai anak wajib menjada kesehatan gigi. Merawat gigi bisa jadi rutin menyikat dan melakukan kegiatan flossing, serta melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin menurut kalender kesehatan. Apabila tidak dilakukan perawatan gigi akan datang gangguan atau penyakit gigi yang bisa membuat kita tersiksa.

Gigi yang kita miliki sudah terbentuk sejak mereka lahir, namun awalnya masih tersembunyi di bawah gusi. Gigi terdiri atas susunan tulang yang berjejer rapih di sepanjang mulut. Nah, tugas kita adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Karena jika terjadi masalah kesehatan seputar gigi dan mulut bisa fatal akibatnya. Misalnya sakit gigi, masalah gigi berlubang, gusi bengkak dan sebagainya.

Tips Merawat Gigi Sehat. Sebagai informasi jika kebersihan dan kesehatan gigi akan semakin banyak gangguan dan penyakit sejalan dengan bertambahnya usia. Fase remaja, kebersihan gigi akan memerlukan pencegah bau mulut dan kerusakan gigi, serta membuat remaja lebih percaya diri dalam pergaulan.

Jenis Gangguan/Penyakit Gigi

Berikut ini yang perlu Anda ketahui mengenai gangguan–gangguan yang dapat terjadi pada gigi apabila tidak dirawat :

  • Abrasi Gigi
  • Gigi Berlubang
  • Karang Gigi
  • Susunan Gigi yang Tidak rata
  • Gigi yang goyang
  • Gigi Kuning
  • Gigi Sensitif

Baca Juga:

Sebaiknya untuk mendapatkan gigi dan mulut secara optimal diperlukan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda pernah membaca artikel mengenai cara mengobati sakit gigi dan mengobati sariawan secara tradisional, tentu anda tahu bahwa banyak bahan-bahan alami yang bisa membuat kita sehat. Dibawah ini anda bsa mempraktekkan secara rutin dan berkesinambungan jika mengingin gigi yang sehat dan kuat.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Baik Secara Alami

Dibawah ini akan kami hadirkan merawat kesehatan gigi untuk mengurangi resiko masalah mulut secara umum seperti penyakit gusi dan bau mulut dari berbagai sumber.

Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi sangat baik untuk membantu memperkuat gusi. Buah yang mengandung serat serta vitamin dan mineral memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Kurangi Minum kopi, teh dan alkohol berlebihan

Minuman kopi dan teh memang bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan dan sebenarnya boleh saja dikonsumsi dan tidak akan merusak kesehatan gigi jika dikonsumsi secukupnya saja. Namun jika berlebihan, bukan hanya kesehatan gigi yang terancam namun juga lambung dan bagian tubuh lainnya.

Menggunakan obat kumur

Walaupun kita rajin menyikat gigi secara rutin ternyata tidaklah cukup. Karena dengan menyikat gigi, masih ada saja bakteri dan kuman yang tidak ikut bersih. Dengan adanya mouthwash, maka bakteri dan kuman yang menempel dan belum habis tersebut dapat hilang dan bersih.

Hindari Minuman bersoda

Minuman soda dapat menyebabkan oksidasi, dan akhirnya dapat menyebabkan abrasi pada gigi. Selain itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Konsumsi sayuran

Baik sekali bagi Anda mengkonsumsi sayuran, disamping memberikan kesehatan ternyata serat alami yang mampu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan flak.

Air lemon

Memanfaatkan Air jeruk lemon karena banyak mengandung asam sitrat yang membuat gigi tampak leih putih berkilau. Untuk mendapatkan khasiatnya, rajinlah menyikat gigi menggunakan air lemon yang dicampur dengan garam secukupnya.

Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride

Sudah banyak sekali jenis dan produk pasta gigi yang dijual di swalayan atau toko-tok di desa yang menjualnya. Silahkan pilih produk yang asli dan memberikan manfaat bagi Anda.

Kemudian bagaimana bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar, silhakan disimak keterangan di bawah ini.

  • Gunakan sikat gigi yang tidak terlalu keras bulu sikatnya.
    Pilih pasta gigi berflouride
    Jangan terlalu keras dalam menyikat gigi.
    Kurang lebih menyikat gigi dalam waktu minimal 3 menit
    Mulailah pada bagian depan, kemudian sisi kiri dan kanan depan, lalu mulai sikat bagian Dalam, semuanya lakukan dengab gerakan memutar.
    Selalu ganti sikat gigi dengan yang baru secara rutin
    Jangan menggunakan sikat gigi secara massal
    Bilaslah mulut dengan air bersih atau mouthwash

Demikianlah informasi mengenai Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut semoga bisa membantu Anda. Silahkan simak juga informasi kesehatan seputar Cara Cepat Meluruskan Rambut Secara Permanen Bagi Pria.