Tips Agar Anak Dapat Membantu Pekerjaan Rumah



anak melakukan pekerjaan rumah

Tips Agar Anak Dapat Membantu Pekerjaan Rumah. Sebagai orang tua pastinya kita menginginkan anak yang  mandiri dan cepat tanggap tentang sesuatu adalah hal yang bukan dengan cara instan melakukannya. Dan apabila kita ingin melatih anak kita untuk mandiri dan belajar melayani. Salah satu cara yang paling efektif adalah tentang pekerjaan rumah setiap hari.

Maka dari itu untuk berhasil serta sukses dalam membimbing anak kita untuk terlibat dalam membantu pekerjaan rumah, yaitu dengan cara membimbing anak terlebih dahulu dengan baik dan benar.

Baca Juga : Tips Agar Anak Kebal Di Bully Dimanapun Dia Berada

Tips membimbing anak agar dapat membantu pekerjaan rumah :

  1. Jadikan kegiatan sehari-hari sebagai hal yang asik – orang tua haru smelihat kegiatan sehari-hari adalah kegiatan yang asik, orang tua yang ikhlas menjalani keseharian akan membuat anak-anak tidak memandang kegiatan itu sebagai beban, kalau orang tua sering mengeluh dalam kegiatan sehari-hari dan anak kita mengetahuinya, maka hal tersebut dapat menjadikan sebuah persepsi tentang kegiatan pekerjaan rumah adalah hal yang membebani kita.
  2. Mulai dulu dari hal yang sederhana – ketika kita melakuan pekerjaan rumah banyak hal yang bisa dilakukan anak karena pada dasarnya anak senang melakukan pekerjaan orangtua, mungkin anak belum dapat menyapu karena tangannya belum kuat memegang dan mengayunkan sapu, tapi ketika orang tua sedang menyapu anak dapat membantu minimal mengambilkan sapu.
  3. Kegiatan tanpa jadwal – lakukan hal tersebut bersama anak dengan tanpa sebuah perencanaan, jadikan kegiatan pekerjaan rumah menjadi hal yang asik dan menyenangkan bukan sebuah hal yang membebani, misalnya apabila kita menyeterika maka setelah selesai dengan cara memberikan ke anak untuk membantu memasukkan ke dalam lemari dan lakukan hanya sesekali tidak setiap hari.
  4. Berikan pujian dan apresiasi – jangan lupa untuk memberikan pujian serta apresiasi terhadap anak kita yang telah melakukan pekerjaan rumah, meskipun dalam melakukan hal tersebut belum sempurna dan masih banyak kekurangan.
  5. Berikan pada anak kita tanggung jawab – dalam hal pekerjaan rumah dapat digunakan sebagai sebuah sarana pengasuhan atau menanamkan nilai-nilai tertentu terhadapa anak.

Dan apabila anak kita sudah dapat diserahi tanggung jawab, maka berikan anak kita satu pekerjaan rumah yang pas dengan sesuai umur anak kita dengan baik dan benar. [YuQe-WartaSolo.com]