Mengenal Midtrans Payment Gateway, Cara Kerja dan Biaya Penggunaannya

Mengenal Midtrans Payment Gateway, Cara Kerja dan Biaya Penggunaannya

Dewasa ini, metode dan sistem pembayaran semakin beragam. Anda bisa menggunakan banyak cara, mulai dari pembayaran via ATM, hingga payment gateway. Di Indonesia sendiri, payment gateway sudah semakin banyak digunakan. Selain karena teknologi internet yang berkembang pesat, payment gateway banyak dipilih karena kemudahan dan keamanannya.

Payment gateway merupakan sebuah gerbang atau jembatan transaksi yang umumnya disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce yang mana dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi kliennya, dalam aktivitas bisnis elektronik atau online.

Sehingga dapat dikatakan bahwa payment gateway ini dapat memudahkan baik itu pebisnis, maupun kliennya dalam melakukan transaksi secara online. Adapun payment gateway itu sendiri sejatinya ada beragam jenis, salah satunya adalah Midtrans.

Apa itu Midtrans?

Bagi Anda yang belum tahu, Midtrans adalah sebuah digital payment gateway. Adapun teknologi dari Midtrans ini dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang Anda geluti. Dengan menggnakan teknologi Midtrans ini, pembayaran online dapat dilakukan dengan semakin cepat, mudah dan aman.

Tidak hanya untuk kebutuhan transkasi e-commerce atau jual beli online saja, Midtrans nyatanya juga sudah digunakan dalam aktivitas perbankan. Sebut saja kerja sama Midtrans dengan bank di Indonesia seperti Mandiri dan BNI.

Sehingga secara tidak langsung, Midtrans turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tanah air sehingga semakin maju, dengan adanya transaksi online dari berbagai UKM dan bisnis yang menggunakan payment gateway.

Cara Kerja Midtrans

Cara Kerja Midtrans

Midtrans merupakan sebuah sistem payment gateway di Indonesia yang penggunaannya sangat mudah dan aman. Untuk dapat menggunakannya, maka Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan toko online untuk menghubungkannya dengan merchant admin portal Midtrans pada mode testing.

Di mode testing ini, Anda dapat mencoba beragam pengaturan atau settingan yang sudah ada tanpa harus melakukan perubahan sama sekali. Setelah itu, pendafaran dapatAnda lanjutkan dengan memenuhi beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Selanjutnya, dokumen tersebut akan diverifikasi oleh pihak Midtrans. Perlu Anda ketahui, bahwa kelengkapan syarat dokumen ini merupakan sesuatu yang penting, sehingga Anda dapat segera menerima pembayaran melalui payment gateway  dariMidtrans.

Adapun dokumen yang dibutuhkan adalah KTP dan NPWP. Kedua dokumen tersebut membuat Anda diberikan kewenangan guna dapat masuk ke sistem pembayaran card payment, ataupun transfer lewat bank.

Adapun akun Anda tersebut, selanjutnya dapat digunakan untuk aktivitas bisnis, baik yang sifatnya individu maupun kolektif, misalnya saja perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikannya ke situs bisnis online atau e-commerce milik Anda dengan bantuan tim developer.

Hal ini perlu Anda lakukan agar dapat membuat proses check out dari pelanggan menjadi lebih mudah, aman dan nyaman. Sebab, payment gateway dari MidTrans ini mendukung beragam platform pembayaran yang bisa dipilih.

Biaya Penggunaan Midtrans

Selain mengetahui bagaimana cara kerjanya, Anda juga perlu mengetahui biaya penggunaan Midtrans. Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda hanya perlu membayar biaya ketika proses transaksi telah berhasil dilakukan. Adapun harga yang dikenakan sudah termasuk biaya proses dari bank dan sistem deteksi fraud.

Maka dari itu, Anda tidak perlu memikirkan biaya awal, biaya maintainance dan beragam biaya lainnya. Lebih dari itu, pilihan pembayaran yang disediakan di Midtrans juga banyak sekali. Mulai dari transfer, debit, pembayaran kartu, e-wallet semisal Gopay, bahkan via konter seperti indomaret dan alfamart. Selain itu, biayanya juga sangat terjangkau, di mana tidak melebihi Rp 5.000 per transaksi.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743