Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir, Waspadai Untuk Mengantisipasi Buruk



Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir, Waspadai Untuk Mengantisipasi Buruk

Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir, Waspadai Untuk Mengantisipasi Buruk. Apa penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir? Kondisi bayi kuning harus diketahui oleh ibu yang baru hamil atau ibu yang baru saja melahirkan. Bayi kuning tidak boleh diremehkan, alasannya yaitu bayi kuning rentan untuk terkena berbagai macam penyakit yang membahayakan. Penyakit kuning ini bisa menyerang bayi yang baru saja dilahirkan, jika dokter menemukan di bagian tubuh bayi terdapat tubuh yang berwarna kuning maka dokter akan melakukan tindakan medis. Penyakit kuning itu tidak hanya menyerang bayi saja, namun orang dewasa pun bisa terkena penyakit kuning tersebut.

Penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir sangat diperhatikan. Kelahiran buah hati merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan, tidak heran jika banyak pasangan yang dilanda kecemasan dan ketegangan jika melihat ada hal yang tidak wajar pada bayinya. Salah satu kecemasan tersebut antara lain adanya tanda kuning di kulit bayinya atau yang disebut dengan penyakit kuning.

Perlu menjadi catatan bahwa penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir harus menjadi kesadaran bagi orangtua berdua. Pasalnya penyakit kuning tersebut merupakan penyakit yang wajar terjadi pada bayi yang baru saja lahir, namun pengetahuan orangtua yang sedikit tentang penyakit ini bisa menimbulkan kecemasan. Meski wajar, ada kondisi penyakit kuning yang tidak normal atau patologis sehingga diperlukan penanganan medis dengan segera dan membutuhkan perawatan yang intensif untuk menghindari otak bayi mengalami gangguan. Baca Juga: Makanan Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Pengertian Penyakit Kuning

Masyarakat sering mendengar penyakit kuning, namun masyarakat tidak tahu secara pasti apa itu penyakit kuning yang menimpa bayi mereka. Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh penimbunan bilirubin yang ada di dalam darah bayi baru lahir. Bilirubin merupakan komponen yang ada di dalam sel darah merah. Penyakit kuning merupakan penyakit yang wajar bagi bayi. Bayi yang terserang penyakit ini, mata berwarna putih menjadi berwarna kuning dan kulit bayi berwarna kuning. Untuk penyakit kuning yang normal, penyakit kuning ini hanya akan muncul dua hari saja setelah bayi dilahirkan. Namun jika sudah parah bisa muncul seminggu setelah bayi dilahirkan kedunia ini.

Apa yang Menjadi penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir?

Penyebab dari bayi kuning ada yang bersifat fiisologis atau normal dan ada juga yang disebabkan oleh hal yang tidak normal. Bayi yang dilahirkan secara premature memiliki resiko terkena penyakit kuning lebih dari 50 persen, sedangkan bayi yang dilahirkan dengan usia kandungan normal memiliki resiko terkena penyakit kuning sebesar 50 persen. Alasan bayi lahir premature memiliki resiko terkena penyakit kuning lebih besar adalah organnya belum berkembang secara sempurna terutama organ hatinya. Berikut ini penyebab bayi mengalami penyakit kuning yang harus diketahui.

Baca Juga: Tips Jitu Merawat Bayi Yang Terlahir Secara Prematur

Pigmen Kuning

Pigmen ini merupakan pigmen kulit yang menyebabkan bayi bisa berwarna kuning. Pigmen kuning tersebut dalam dunia medis dinamakan dengan bilirubin. Bilirubin dalam darah yang meningkat bisa menyebabkan bayi memiliki kulit berwarna kuning. Adanya bilirubin ini terjadi karena pecahan sel-sel darah merah di dalam tubuh bayi sewaktu lahir. Dalam jangka waktu tertentu, sel darah merah akan mengurai menjadi bilirubin.

Kondisi normal, organ yang berfungsi untuk menguraikan bilirubin tersebut ialah hati. Setelah diuraikan akan dibuang melalui BAB. Ketika masih di dalam kandungan, ibu yang bertugas sebagai pengurai bilirubin tersebut. Namun saat bayi dilahirkan perkembangan hatinya belum berkembang secara sempurna sehingga, tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Akan ada penumpukan bilirubin yang di dalam tubuh bayi, penumpukan tersebut bisa membuat kulit bayi berwarna kuning.

Darah yang Tidak Cocok

Penyebab warna kuning pada tubuh bayi bisa disebabkan oleh ketidak cocokan antara darah sang ibu dengan darah sang anak. Ketidakcocokan darah antara bayi dan ibu merupakan pemicu adanya pembentukan bilirubin yang berlebih oleh aliran darah atau terganggunya pengeluaran bilirubin melalui BAB. Misalnya saja ibu memiliki darah B atau A sedangkan si anak memiliki sel darah O.  Ibu memiliki rhesus positif sedangkan si anak memiliki rhesus negatif. Ketidakcocokan itu bisa menimbulkan penyakit kuning pada bayi karena darah dan rhesus saling bertentangan.

Infeksi

Adanya infeksi di dalam tubuh bisa menyebabkan bayi setelah lahir bisa terkena penumpukan bilirubin. Penumpukan bilirubin bisa menyebabkan bahaya bayi kuning ketika dilahirkan.

Asupan Enzim G6PD Yang Kurang

Bayi yang kekurangan enzim G6PD atau glukosa 6 phospate dehidrogenase. Enzim ini terdapat pada aliran darah merah yang bertugas untuk mencegah kerusakan sel-sel darah merah di dalam tubuh. Hal inilah mengapa gizi ibu hamil harus dicukupi selama kehamilan berlangsung tujuannya adalah untuk melindungi sel darah merah.

Organ Hati Belum Matang

Organ hati yang belum matang menjadi penyebab bayi kuning. Oleh sebab itulah penyakit kuning dikait-kaitkan dengan organ hati. Jika orang dewasa memiliki sakit kuning identik dengan penyakit liver atau hati, sedangkan bayi yang memiliki penyakit kuning dikaitkan dengan organ hati yang belum matang. Hati di dalam tubuh bayi berfungsi sebagai pengurai bilirubin dan dikeluarkan menjadi BAB. Organ hati yang belum matang tidak bisa menguraikan bilirubin sehingga terjadi penumpukan bilirubin penyebab bayi kuning di dalam tubuh bayi.

Baca Juga: Manfaat ASI Baik Untuk Ibu Dan Bayi

Kerusakan Hati

Bayi yang mengalami penyakit kuning dan termasuk penyakit kuning patologis bisa diakibatkan oleh kerusakan hati. Hati yang rusak selama perkembangan janin,  tidak bisa menguraikan bilirubin secara sempurna akibatnya bayi mengalami penyakit kuning yang tidak normal.

Demikian ulasan mengenai penyebab penyakit kuning yang biasa menyerag bayi yang baru lahir. Sebagai orang tua hendaknya lebih waspada dengan perubahan pada tubuh bayinya untuk mengantisipasi hal buruk. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Baca Juga: Tips Merawat Bayi Kuning [YuQe-WartaSolo.com]