Cara Membuat Klepon Ledakan Gulanya Nendang Banget Dimulut. Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bentuk menyerupai beras namun yang membedakan antara ketan dengan beras yaitu tekstur dari ketan lebih kenyal dan lebih lengket serta memiliki rasa yang begitu khas. Ada dua jenis ketan yang biasa dikonsumsi yaitu ketan hitam dan ketan putih.

Penggunaan ketan baik ketan hitam maupun ketan putih untuk membuat Klepon merupakan salah satu ide yang sangat bagus. Penggunaannya dalam membuat Klepon mampu memberikan tekstur serta kekhasan rasa yang begitu istimewa di lidah.


Cara cepat membuat Klepon yang enak dan lembut. Bahan membuat Klepon yang menggoda banget. Tips membuat Klepon yang nikmat dan cocok sebagai kudapan. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai cara membuat awug awug tepung ketan yang rasanya mantap banget dan anti bantat.

Cara Membuat Klepon

Cara cepat membuat Klepon juga sangat mudah sama halnya membuat Klepon pada umumnya. Bahan yang digunakan juga sangta impel dan tidak memakan banyak waktu. Namun bila anda membuat Klepon dari ubi jalar anda bisa mengurangi gula dalam takaran.

Berikut Resep dan Cara Cepat Membuat Klepon Yang Mantab.

Bahan Adonan Kue Klepon :

  • Tepung beras ketan 250 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Air dan daun pandan atau suji blender secukupnya untuk pewarna alami atau bisa menggunakan pasta pandan secukupnya
  • Air 150 ml
  • Garam halus 1 sdt
  • Kelapa 1/2 butir, parut lalu kukus dengan dibumbui gula pasir dan garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Air 1 liter
  • Gula pasir secukupnya

Langkah Cara Membuat Kue Klepon :

  1. Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, air, garam dan pasta pandan. Aduk rata, uleni hingga kalis.
  2. Selanjutnya sisir gula merah secukupnya untuk isian kue kelepon.
  3. Setelah itu ambil sedikit adonan, pipihkan dan beri sedikit gula merah di tengahnya. (penggunaan gula merah jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sendikit ya. Soalnya kalau terlalu banyak gula jawa atau gula merahnya nanti hasilnya meletus dan lumer ke luar. Tapi kalau terlalu sendikit nanti tidak berasa saus gulanya jadi yang sedang-sedang saja ya).
  4. Rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola. Lalukan terus hingga adonan habis.
  5. Kemudian masak air hinggga mendidih, celupkan bola-bola klepon, biarkan hingga matang dan mengapung. Angkat dan langsung gulingkan ke dalam kelapa parut kukus yang sudah di bubuhi garam dan gula pasir.
  6. Klepon siap di sajikan, nyam!

Demikian tadi resep membuat Klepon yang enak dan pastinya lembut dilidah yang bisa anda prakekkan sendiri dirumah. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti cara membuat donat mini isi strawbery atau cara membuat hunkue saus madu. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]