Cara Membuat Awug awug ketan Rasanya Tak Kalah Dengan Mutiara

Cara Membuat Awug awug ketan Rasanya Tak Kalah Dengan Mutiara

Cara Membuat Awug awug ketan Rasanya Tak Kalah Dengan Mutiara ...

Cara Membuat Awug awug ketan Rasanya Tak Kalah Dengan Mutiara. Penggunaan ketan baik ketan hitam maupun ketan putih untuk membuat Awug awug ketan merupakan salah satu ide yang sangat bagus. Penggunaannya dalam membuat Awug awug ketan mampu memberikan tekstur serta kekhasan rasa yang begitu istimewa di lidah. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti bolu kukus ketan atau lupis manis ketan yang rasanya nendang banget.


Cara cepat membuat Awug awug ketan yang enak dan lembut. Bahan membuat Awug awug ketan yang menggoda banget. Tips membuat Awug awug ketan yang nikmat dan cocok sebagai kudapan. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai cara membuat kue mochi yang rasanya mantap banget dan anti bantat.

Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bentuk menyerupai beras namun yang membedakan antara ketan dengan beras yaitu tekstur dari ketan lebih kenyal dan lebih lengket serta memiliki rasa yang begitu khas. Ada dua jenis ketan yang biasa dikonsumsi yaitu ketan hitam dan ketan putih.

Cara Membuat Awug Awug Ketan

Cara cepat membuat Awug awug ketan juga sangat mudah sama halnya membuat Awug awug ketan pada umumnya. Bahan yang digunakan juga sangta impel dan tidak memakan banyak waktu. Namun bila anda membuat Awug awug ketan dari ubi jalar anda bisa mengurangi gula dalam takaran.

Berikut Resep dan Cara Cepat Membuat Awug Awug Ketan Yang Mantab

Bahan Bahan Awug Tepung Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

  • 125 gram tepung ketan
  • 125 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 sendok makan air
  • Pewarna merah makanan secukupnya ( Anda bisa gunakan pewarna makanan dengan warna sesuai selera)

Cara Membuat Awug Tepung Beras Ketan yang Empuk, Legit dan Enak

  1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu, siapkan wadah. Lalu masukan tepung ketan, tepung beras, garam, gula dan kelapa ke dalam wadah tersebut. Tambahkan air. Setelah itu, aduk-aduk semua bahan yang sudah dimasukan tersebut sampai tercampur merata atau hingga tepung berbutir-butir.
  2. Setelah itu, adonan yang sudah anda buat tadi bagi menjadi dua bagian.
  3. Untuk satu bagian adonan ditambahkan pewarna merah makanan. Lalu aduk-aduk sampai merata.
  4. Untuk bagian lainnya dibiarkan berwarna putih.
  5. Ambil loyang atau cetakan berbentuk persegi dengan ukuran kurang lebih 15 x 15 cm. Kemudian, olesi loyang dengan menggunakan minyak. Ambil adonan putih, lalu tuangkan adonan putih ke dalam loyang atau cetakan tersebut.
  6. Jika sudah, anda bisa langsung meratakan permukaannya.
  7. Selanjutnya, tambahkan adonan yang sudah diberi adonan berwarna merah. Ratakan kembali.
  8. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus awug sampai matang.
  9. Jika awug sudah matang anda bisa langsung mengangkatnya. Tunggu sampai sedikit dingin. Baru setelah itu potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Siapkan piring atau tempat saji. Lalu simpan awug di atas piring saji, dan sajikan selagi hangat agar lebih enak.

Demikian tadi resep membuat Awug awug ketan yang enak dan pastinya lembut dilidah yang bisa anda prakekkan sendiri dirumah. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti cara membuat donat mini isi strawbery atau cara membuat hunkue saus madu. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Agustus 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.