Cara Membuat Kue mochi Khas Semarang Yang Enak Banget

Cara Membuat Kue mochi Khas Semarang Yang Enak Banget

Cara Membuat Kue mochi Khas Semarang Yang Enak Banget. Ketan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bentuk menyerupai beras namun yang membedakan antara ketan dengan beras yaitu tekstur dari ketan lebih kenyal dan lebih lengket serta memiliki rasa yang begitu khas. Ada dua jenis ketan yang biasa dikonsumsi yaitu ketan hitam dan ketan putih. Anda juga bisa mencoba resep dengan bahan dasar ketan yaitu lupis ketan.

Penggunaan ketan baik ketan hitam maupun ketan putih untuk membuat Kue mochi merupakan salah satu ide yang sangat bagus. Penggunaannya dalam membuat Kue mochi mampu memberikan tekstur serta kekhasan rasa yang begitu istimewa di lidah.


Cara cepat membuat Kue mochi yang enak dan lembut. Bahan membuat Kue mochi yang menggoda banget. Tips membuat Kue mochi yang nikmat dan cocok sebagai kudapan. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai cara membuat Kue kue getas ketan yang rasanya mantap banget dan anti bantat.

Cara Membuat Kue mochi

Cara cepat membuat Kue mochi juga sangat mudah sama halnya membuat Kue mochi pada umumnya. Bahan yang digunakan juga sangta impel dan tidak memakan banyak waktu. Namun bila anda membuat Kue mochi dari ubi jalar anda bisa mengurangi gula dalam takaran.

Berikut Resep dan Cara Cepat Membuat Kue mochi Yang Mantab.

Bahan-bahan Membuat Mochi

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung ketan yang sudah diayak sebelumnya sampai halus kurang lebih sebanyak 150 gram saja. Gunakan tepung ketan yang bagus dan tidak apek. Untuk merek bisa menggunakan rosebrand ataupun jenis lainnya.
  • Tepung maizena kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  • Tepung beras kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  • Pewarna makanan yang aman secukupnya. Jumlah warna sesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  • Air bersih secukupnya untuk bahan adonan kue mochinya.
  • Bahan taburan Tepung tapioka atau tepung maizena yang sudah disangrai secukupnya (kurang lebih sebanyak 125 gram saja). Bisa juga ditambahkan dengan sedikit gula pasir.

Bahan Isian

  • Selai coklat sesuai selera
  • Selai strawbery sesuai selera
  • Selai kacang sesuai selera
  • Kacang tanah (250 gram kacang tanah yang sudah disangrai sampai matang, campur dengan 6 sendok makan gula pasir dan air panas).

Cara Membuat Mochi Yang Enak dan Kenyal

  1. Langkah pertama ambil satu wadah dan masukkan tepung ketan, tepung maizena, gula pasir, dan tepung berasnya. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan diatas sambil diaduk dan sedikit ditekan menggunakan tangan (di uleni) sampai adonan benar-benar kalis (jangan terlalu keras ya, sedikit lebih lembek).
  3. Masukkan garam beryodium sedikt saja kemudian uleni uleni lagi sampai tercampur rata.
  4. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian kemudian warnai adonan sesuai dengan selera.
  5. Siapkan kukusan dan masukkan adonan mochi yang sudah diberi warna dan kukus (kurang lebih selama 20 menit – 25 menit).
  6. Tes kematangan dengan cara menusukkan lidi kedalam adonan. Kalau sudah tidak ada yang encer berarti sudah matang adonannya.
  7. Setelah matang angkat dan dingikan sebentar.
  8. Sambil menunggu adonannya dingin, sangrai tepung maizena (ditambah gula pasir kalau suka) untuk bahan taburannya selama kurang lebih 7 menit.
  9. Ambil adonan resep moci secukupnya dan pipihkan diatas tangan.
  10. Masukkan isian secukupnya kemudian bentuk kembali menjadi bulatan.
  11. Gulungkan kue mochi yang sudah dberi isian diatas tepung maizenanya sampai rata.0

Demikian tadi resep membuat Kue mochi yang enak dan pastinya lembut dilidah yang bisa anda prakekkan sendiri dirumah. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti cara membuat donat mini isi strawbery atau cara membuat hunkue saus madu. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: resep kue basah dari tepung beras rose brand, dan lainnya.
Loading...