Tips Aman Menunda Momongan Dengan Menggunakan Sistem Kalender (KB Alami)



menunda momongan dengan sistem kalender

Tips Aman Menunda Momongan Dengan Menggunakan Sistem Kalender (KB Alami). Masa Subur Wanita atau Ovulasi yaitu proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur menuju tuba Falopi. Apabila saat Puncak masa subur ini sel telur dibuahi oleh sel sperma, maka kemungkinan untuk hamil sangat besar terjadi.

Sehingga bagi pelaku KB Alami (dengan menghitung siklus menstruasi), puncak masa subur ini harus dihindari dengan tujuan mencegah kehamilan. Atau bisa juga pengeluaran sperma diluar.

Adapun tanda wanita tidak dalam masa subur antara lain

  • Puncak Masa Subur Wanita bisa diketahui Menggunakan rumus menghitung masa subur. Bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur, puncak masa subur terjadi pada hari ke-14 sebelum hari pertama siklus menstruasi bulan berikutnya. Jadi masa tidak subur wanita adalah sekitar 7 hari setelah haid selesai dan 7 hari sebelum haid dimulai.
  • Lendir Mukosa yang dihasilkan dari organ intim wanita encer. Hal ini bisa diketahui dengan meletakan lendir di antara ibu jari dan telunjuk, lalu meregangkan kedua jari tersebut. Apabila lendir mudah terputus, maka anda tidak dalam masa subur. Begitu juga sebaliknya bila lendir membentuk benang apabila ditarik maka anda dalam masa subur.
  • Suhu basal tubuh normal atau tidak ada kenaikan. Saat mendekati puncak masa subur, suhu tubuh akan meningkat antara 0,4-1 36-37°C. Kenaikan suhu basal tubuh tersebut, terjadi ketika indung telur melepas sel telur yang sudah matang, karena pengaruh hormon progesteron pada organ reproduksi wanita. Masa tidak subur wanita adalah selain 2-3 hari sebelum suhu basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi. Ukur suhu basal setelah bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur.
  • Apabila diraba Mulut rahim akan terasa rendah, keras dan tidak berlendir.
  • Wanita yang tidak dalam masa subur biasanya mempunyai mood yang tinggi dan lebih sabar.
  • Payudara wanita keras, tidak terasa bengkak, dan tidak terlalu sensitif saar disentuh.
  • Hasrat seksual tidak sedang meningkat. Karena apabila hasrat seksual meningkat, bisa jadi itu merupakan tanda anda sedang dalam puncak masa subur. Hal tersebut karena Adanya perubahan kadar hormon, sebagai bagian dari proses terjadinya kehamilan.
  • Karena saat Saat ovulasi, meningkatnya kadar hormon reproduksi di dalam tubuh, juga akan mempengaruhi organ-organ reproduksi lainnya. Saat mendekati masa subur, pembuluh darah disekitar alat kelamin wanita menjadi terisi penuh oleh darah. Hal tersebut memicu bibir dalam dan bibir luar vagina lebih besar dan lebih sensitif dari biasanya. Sehingga wanita yang tidak dalam masa subur mempunyai Bibir kelamin lebih sempit.
  • Ketika anda mempunyai tanda-tanda tersebut diatas, maka anda bisa lebih tenang dalam berhubungan badan. Namun memang cara diatas mempunyai tingkat keefektifan yang sangat rendah. Dan agar lebih efektif, cara ini bisa dikombinasikan dengan penggunaan kondom sebagai pengaman.

Selalu waspadai masa subur anda apabila anda ingin menunda untuk mempunyai momongan. Dengan tidak melakukan hubungan pada masa subur atau melakukan tetapi sperma dikeluarhan diluar. Semoga tips diatas bermanfaat bagi ibu-ibu yang ingin menunda momongan. Salam sukses. Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tanda-tanda Wanita Dalam Masa Subur [YuQe-WartaSolo.com]