Tips Untuk Memilih Tempat Penitipan Anak



tips memilih TPA

Tips Untuk Memilih Tempat Penitipan Anak. Dalam mencarikan tempat penitipan untuk anak kesayangan kita yang tepat, bukan hanya orang tua yang bisa lega dan nyaman dalam bekerja sehari-hari setelah menitipkannya. Akan tetapi, anak juga bisa mendapatkan banyak manfaat bagi perkembangan fisik dan mentalnya. Karena dalam mencintai anak tidak cukup hanya memenuhi kebutuhan materinya, namun juga tidak melupakan kebutuhan psikologinya.

Dan berikut ini adalah tips untuk memilih tempat penitipan anak :

  1. Buatlah daftar tempat penitipan anak yang sudah memiliki lisensi, sebelum menentukan pilihan pada sebuah tempat penitipan anak dan carilah referensi tempat sebanyak-banyaknya dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa tempat penitipan anak.
  2. Datang langsung ke tempat penitipan anak dan mewancarahi para staf dan pengurusnya, bisa menjadi petunjuk mengenai kualitas tempat penitipan anak, cek jumlah pengasuh yang bertugas dan rasio pengasuh dengan jumlah anak yang berada di tempat penitipan setiap harinya, pastikan pula para pengasuh adalah orang yang terlatih menghadapi bayi dan balita serta sensitivitas pada kebutuhan anak.
  3. Perhatikan setiap sudut ruang tempat penitipan anak, pastikan lingkungannya dalam keadaan aman dan bersih, termasuk bagaimana mereka membersihkan peralatan bermain, peralatan makan dan lain-lain.
  4. Aturan dan jadwal yang diterapkan di tempat penitipan anak juga perlu diketahui, dimana tempat penitipan anak yang baik akan menerapkan aturan ketat seperti pengaturan jam bermain, jam makan, pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyebaran penyakit dari anak yang sedang sakit.

Baca Juga : Inilah 6 Tips Melatih Balita Berbicara  

Dengan memilih tempat penitipan anak yang berkualitas tentunya akan memberikan rasa aman dan nyaman buat si anak itu sendiri. Bagi orang tua akan merasa tidak was-was ketika dalam kesibukan kerja yang padat dalam kesehariannya. Hal ini memang kadang sangat riskan ketika anda sebagai orang tua yang benar-benar dalam rutinitas yang tinggi keduanya. Selamat berakhir pekan buat anda semuanya. [YuQe-WartaSolo.com]