WartaSolo.com – Serangan jantung adalah momok buat setiap orang, terutama orang yang memiliki kelebihan berat badan. Namun tahukah anda jika buah semangka yang terkenal menyegarkan dan rasanya sangat manis tersebut memiliki manfaat untuk mencegah serangan jantung?

Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semangka bisa mencegah serarangan jantung, terutama bagi grang yang memiliki kelebihan berat badan atau yang lebih dikenal dengan sebutan obesitas. Tidak hanya mencegah serangan jantung saja, diketahui juga semangka dapat menurunkan tekanan darah bagi orang yang gemuk meski mereka berada dalam cuaca yang dingin.


Seperti diketahui pada cuaca yang dingin jantung akan memompa darah lebih cepat sebagai proses menghangatkan tubuh, disinilah resiko serangan jantung akan meningkat. Seorang Profesor dari Florida State University yakni Arto Figueroa menyebutkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi semangka maka tekanan pada aorta dan pada jantung menurun.

Penelitian dilakukan terhadap 13 pria dan wanita yang memiliki kelebihan berat badan serta memiliki tekanan darah tinggi selama 12 minggu. Setengah dari mereka diminta untuk mengkonsumsi placebo dan setengahnya lagi mengkonsumsi ekstrak semangka. Hasilnya diketahui peserta yang mengkonsumsi ekstrak semangka tekanan darah dan jantung mereka turun meski dalam kondisi dingin.