Warna Kotoran Bayi Yang Mencemaskan



kotoran bayi yang mencemaskan

Warna Kotoran Bayi Yang Mencemaskan. Kadang seorang bunda merasa cemas mendapati warna kotoran bayi yang berubah-ubah. Kadang cantik mendapati kotoran bayi berwarna hitam pekat, kuning dan kadang-kadang bercampur dengan gmpalan-gumpalan putih kecil. Lagai-lagi menurut kepercayaan nenek moyang yang jelas-jelas keliru dan tanpa dasar pembuktian yang kuat. Bahwa bergantinya warna feses menandai makin pintarnya anak.

Sebenarnya perubahan warna pada kotoran bayi bukan dari akibat bertambahnya kepntaran bayi, akan tetapi akibat bertambahnya kepintaran bayi namun akibat dari makanan yang dikonsumsinya. Misalnya jika bayi mengkonsumsi parutan wortel ataupun bayam, maka kotorsnnya akan keluar sesuai dengan warna makanan tersebut.

Baca Juga : Macam Penyakit Bayi dan Cara Mengatasinya

Perubahan kotoran tersebut dialaminya pada bayi yang meminum ASI ataupun susu formula biasa. Bayi yang selama tiga pekan minum ASI atau Susu formula biasa, kotorannya akan berwarna hijau kecoklatan, setelah itu akan berubah menjadi kuning kehijauan. Jika bayi hanya minum ASI, maka bau kotorannya pun berbau khas yaitu agak asam namun menyengat.

Dalam buang air besarpun lebih sering dan pada umumnya kotoran si bayi ynag dikeluarkan hanya sedikit dan cenderung encer. Jangan cemas buat bunda dalam menghadapi itu, karena bayi bukan menderita mencret melainkan refleksi dari lambungnya yang terisi dan kosong.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa bayi itu telah mengalami penyakit seperti :

  1. Jika kotoran bayi berwarna putih seperti kotoran burung, mungkin bayi anda terserang penyakit atau mungkin juga karena infeksi di hati atau lantaran ada batu di dalam empedunya. Apabila anda menjumpai seperti ini maka langsung saja pergi ke dokter untuk diperiksa.
  2. Kotoran bayi yang berlendir atau berbusa serta berbau menyengat, mungkin bayi anda mengalami gangguan pencernaannya. Kondisi kotoran seperti ini sering didapati pada bayi yang minum susu formula dengan penyebabbnya bisa pada tempat susu atau botol yang kurang bersih. Jika mau menggunakan botol tuangkan air yang mendidih selama 5-10 menit sambil mengocok-ocoknya agar botol lebih steril.
  3. Kalau bayi anda mencret terus, biasanya disebabkan oleh malapsorpsi yaitu bayi minum susu formula yang mana pencernaanya belum dapat menyerap dengan baik. Biasanya dokter akan mengganti susu bayi anda dengan susu formula yang mengandung komposisi laktosa rendah.

Baca Juga : Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui macam kotoran yang memang dalam siklus bayi kita agar supaya kita tidak cemas. Dengan mengetahui kotoran yang sehat dan memberikan indikasi tentang penyakit, maka kita sebagai orang tua harus cepat dalam mengambil keputusan untuk bayi  kita. [YuQe-WartaSolo.com]