Macam Penyakit Bayi dan Cara Mengatasinya



macam penyakit bayi

Macam Penyakit Bayi dan Cara Mengatasinya.  Seorang bayi memamng rentan terhadap macam penyakit. Beberapa penyakit timbul kebayakan disebabbkan penularan lewat virus. maka dari itu jika anda sebagai orang tua tidak menjaga rumah anda merawat bayi anda dengan baik dan benar, maka bayi anda akan cenderung lebih mudah terkena penyakit.

Bahkan terkadang ketika anda sudah menjaga lingkungan anda tetap bersih, masih saja bayi anda terkena macam penyakit yang biasanya sering sekali dialami oleh si bayi. dan berikut ini penyakit yang sering mengenai si bayi dan cara mengatasinya :

Baca Juga : Waspadalah 5 Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Bayi

  • Bayi Kuning – bayi yang terkena sakit kuning ini harus mendapat cairan dan makanan yang cukup, disamping itu penyinaran sinar matahari yang baik dapat membantu proses pengolahan bilirubin dalam tubuh bayi dan tentunya harus mendapat perawatan yang intensif dari dokter.
  • Batuk Pilek – ukur suhu badannya dengan termometer, lakukan pengompresan dengan air dingin, usahakan bayi anda minum cairan sebanyak-banyaknya seperti susu, air putih dan buah-buahan, jika suhunya lebih dari 37 derajat celcius segera bawa bayi anda periksa ke dokter,
  • Diare dan Muntaber – encerkan susu bayi serta larutan oralit, jika tidak ada oralit maka dapat dipakai larutan garam dan gula yaitu caranya campurkan 1 sdt gula pasir dan 1/4 sdt garam bubuk, penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.
  • Kejang Demam – Segera kompres dengan es, jagalah jangan sampai lidah digigit, dengan cara memasukkan kain atau sesuatu ke dalam mulutnya, setelah kejang berakhir bayi akan tertidur dan jika mulut bayi banyak ludah maka miringkan kepalanya agar ludah tersebut keluar dan segera bawalah ke dokter.
  • Kelainan dan Pemnyakit Kulit – a). bercak kebiru-biruan, b). becak yang didaerah popok – semua bayi mempunyai kulit yang sangat peka pada bulan-bulan pertama, hal ini tampak pada daerah yang bersentuhan dengan popok, kadang daerah itu didapati bercak-bercak kasar yang berwarna merah dan gawatnya bila bintik-bintik itu terinfeksi maka akan timbul gelembung-gelembung kecil berisi nanah an gelembung itu pecah, maka akan timbul kerak disekitar daerah itu berwarna kekuningan, c). biang keringat, d). cradle cap/kulit kotor dan menebal.
  • Batuk dan Sesak Nafas – hindari bayi anda dari asap obat nyamuk, asap rokok, jagalah kebersihan ruangan dan berilah ventilasi yang baik pada kamarnya sehingga udaranya segar selalu dan netral.

Dan masih banyak yang perlu diidentifikasi ketika bayi anda dalam keadaan kurang sehat yang penting adalah dalam kita memberikan tindakan harus cepat dan tanggab juga tepat terhadap bayi kita yang mengalami gejala-gejala seperti diatas. Apabila ragu dan takut terhadap bayi anda, maka langsung saja bawa ke dokter terdekat untuk pengobatan lebih lanjut. Baca Juga : 7 Langkah Memijat Bayi. [YuQe-WartaSolo.com]