Perkembangan Indera dan Kejiwaan Pada Bayi



perkembangan indera pada bayi

Perkembangan Indera dan Kejiwaan Pada Bayi. Bayi yang baru lahir mempunyai dua instrument yang sangat penting, yaitu indera dan kejiwaan. Kedua instrument tersebut akan berkembang selaras dengan pertumbuhannya secara alami. Tingkat kepekaan indera dan kejiwaan akan semakin matang dan terbentuk dengan baik jika dibina dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Yang paling menantang adalah jika orang tua tidak memperhatikan sedikitpun akan perkembangan indera dan kejiwaan bayinya. Maka dari itu, yang akan terjadi adalah perkembangan kedua ini akan terhambat dengan berjalannya usia si bayi.

Baca Juga : Perbedaan ASI dan Susu Formula Yang Mendasar

Perkembangan Indera

Menurut  apa yang menjadi pemahaman pada umumnya, manusia memiliki lima indera. Begitu juga dengan si bayi yang baru lahir dalam masa pertumbuhannya. Dan kelima indera tersebut adalah ; indera penglihat, indera pendengar, indera pembau, indera perasa dan indera peraba. Dan berikut ini perkembangan fungsi indera pada bayi :

  1. Indera Penglihat – bayi yang baru lahir kepekaan retinanya sangat lemah, dengan bertambahnya kepekaan tersebut sekaras dengan perkembangan usia bayi. Dimana kepekaan akan retina mencapai keseimbangannya setelah menjelang akhir tahun pertama umur bayi tersebut.
  2. Indera Pendengar – indera pendengar lebih cepat berfungsi dan langsung dapat merespon suara-suara di sekelilingnya. Maka dari itu hendaknya kita tidak membikin suara-suara yang keras, apalagi disaat si bayi yang kita cintai dalam keadaan tidur dan yang sangat terpenting adalah jangan pernah kita berkata yang tidak baik sampai si bayi kita mendengarkannya.
  3. Indera Pencium – dalam perkembangan bau bayi akan menggunakan pengalaman masa sebelumnya, misalnya jika bayi telah mengenal bau susu maka di kemudian hari si bayi akan hafal dengan bau susu itu sendiri. Seiring dengan pertambahan umur indera penciuman si bayi akan semakin tajam juga perkembangan penciumnya.
  4. Indera Peraba – yang paling penting diperhatikan buat sang bunda dalam memperlakukan perkembangan indera peraba bayi adalah usahakan suhu kamar baik, karena bayi sangat sensitif terhadap panas dan dingin, jangan perlakukan bayi dengan kasar, hindarkan bayi dari sinar matahari secara langsung.

Simak Juga : Pemulihan dan Perawatan Pasca Melahirkan

Perkembangan Kejiwaan

Ada beberapa perkembangan kejiwaan yang terjadi pada bayi yaitu :

  • Perkembangan Perasaan
  • Perkembangan Pengenalan
  • Perkembangan Pemainan
  • Perkembangan Bahasa
  • Perkembangan Sosial
  • Perkembangan Agama

Dan menurut penelitian, sentuhan seorang bunda memiliki peran yang sangat penting dan punya makna yang khusus. Bagi bunda bahwa sentuhan ini dapat mempererat hubungan dengan bayi di awal kehidupannya dan akan berakibat baik untuk perkembangan psikis maupun fisik sang bayi. Maka dari itu ketika bayi anda menangis langsung peluk dan ciumlah anak anda. Baca Juga : Gangguan Alergi Pada Anak Usia 1-2 Tahun. [YuQe-WartaSolo.com]