WartaSolo.com – Gempa dengan kekuatan 6.5 Skala Richter mengguncang wilayah Sulawesi Utara pada pukul 09.46 WIB pagi tadi Rabu (10/9/2014). Akibatnya warga sekitar Manado panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi pada Rabu (10/9/2014) pukul 09.46 WIB di 131 km tenggara Bolang Mongondow Timur atau 143 km Kotamobagu, Sulawesi Utara.


“Meskipun dirasakan lemah, sebagian masyarakat Kota Manado berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan di daerah sekitarnya,” terang Sutopo melalui pesdan singkat.

Pusat gempa pada koordinat 0,24 Lintang Selatan (LS) dan 125,17 Bujur Timur (BT), kira-kira 131 km tenggara Bolaangmongondow, Sulawesi Utara atau 195 km tenggara Manado. Gempa berpusat di laut pada kedalaman 10 kilometer.

Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Provinsi ini di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara. Sementara kepulauan Sangihe dan Talaud merupakan bagian utara dari provinsi ini merupakan berbatasan dengan Davao del Sur di negara Filipina.