Hari Penting Mei: Dari Peringatan Perjuangan Buruh Hingga Pendidikan dan Kebangkitan Nasional

Hari Penting Mei: Dari Peringatan Perjuangan Buruh Hingga Pendidikan dan Kebangkitan Nasional

Hari Penting Mei: Dari Peringatan Perjuangan Buruh Hingga Nasional dan Kebangkitan Nasional. Tahukah Anda sebenarnya kita memiliki banyak momen penting selama bulan Mei. Apa saja hari penting mei yang perlu diketahui perihalnya? Mungkin yang diketahui oleh kebanyakan publik adalah 1 Mei hari buruh sedunia. Atau tanggal 2 Mei hari pendidikan nasional dan hari kebangkitan nasional jatuh pada 20 Mei.

Nah diantara tanggal-tanggal tersebut ada hari yang jarang kita ketahui seperti tanggal 2 Mei merupakan hari peringatan pembebasan Irian Barat. Sekilas hari tersebut yang dilupakan adalah adannya Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) dalam upaya selama 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta.


Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.

Apa saja selain hari-hari tersebut di atas?

Berikut hari penting Mei bersama tanggal-tanggal yang diperingati:

BACA JUGA:

Bagaimana pembaca? Jadi tahukan apa isi sebenarnya peringatan penting dalam bulan selama Mei. Oleh karenanya sebagai masyarakat yang baik, hari penting dan sejarah bangsa perlu diingat setiap waktu agar penghargaan kita kepada para pejuang memberikan arti penting sebagai penerus cita-cita.

Anak-anak, adik, saudara dan teman kita sepatutnyalah yang paling konsen atas hari penting Mei yang setiap tahunnya kita jalani. Baca Juga: Kata-kata Bijak Awal Mei 2017 Terbaru. [M. Anis – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Nasional
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...