Cara Membuat Sosis Sapi, Mudah dan Menyehatkan



cara membuat Sosis Sapi

Cara Membuat Sosis Sapi, Mudah dan Menyehatkan. Sosis Sapi merupakan jajanan kekinian yang banyak diminati anak-anak. Hadirnya sosis Sapi emmbuat orang tua teringankan, pasalnya sosis Sapi bisa digunakan sebagai lauk makan hanya dengan dogoreng atau dibakar saja. Namun pernahkah anda berfikir bahan apa saja yang terdapat pada sosis Sapi kemasan. Paa artikel seblumnya kami mengulas mengenai pepes jamur petai.

Untuk mengatasi rasa ketidaktenangan para ibu-ibu kami akan menghadirkan resep membuat sosis Sapi yang enak banget, tanpa bahan pengawet, tanpa MSG dan sangat menyehatkan. Sosis Sapi merupakan olahan daging Sapi yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga menhasilkan citarasa yang sangat nikmat.

Anda bisa menambahkan aneka sayuran cincang seperti wortel, daun bawang atau yang lainnya untuk menambah kandungan gizi dalam sosis yang akan anda buat. Cara cepat membuat sosis Sapi yang sangat mudah menjadi pertimbangan pertama oleh para kaum hawa dalam memasak.

Cara Membuat Sosis Sapi

Bahan utama dalam membuat sosis Sapi ini yaitu daging Sapi yang sudah difilet kemudian digiling halus, tambahan bumbu untuk mempersedap rasa serta sayuran cincang untuk menambah nilai gizinya. Berikut resep lengkap dan bumbu membuat sosis Sapi yang enak banget.

Bahan Membuat Sosis Sapi:

  • daging sapi 500 gr
  • tepung tapioka 200 gr
  • putih telur 3 butir
  • merica bubuk 1 sendok teh
  • bawang putih 3 siung, haluskan
  • garam dapur secukupnya
  • gula pasir 1/2 sendok makan
  • air es 100 ml atau es serut 150 gr
  • plastik khusus sosis (casing) secukupnya

Cara Membuat :

  1. pisahkan daging dari lemak dan jaringan ikat jika ada. campur daging dengan sebagian air es.
  2. haluskan dengan foodprocessor (kalo gak punya pake chopper blender aza)
  3. campur daging dengan bahan lainnya, aduk rata. masukan adonan kedalam plastik segitiga.
  4. semprotkan adonan sosis kedalam casing hingga adonan habis. Rapatkan dan ikat ujung casing dengan tali, kemudian ikat kembali tiap 10 cm dari ujung ikatan.
  5. kukus/rebus sosis hingga matang 30 menit. Angkat dan masukan dalam air dingin. tiriskan dan lepaskan sosis dari tali ikatan benangnya.
  6. sosis siap digunakan.

Demikian tadi resep membuat sosis Sapi yang enak banget dan sangat mudah. Resep mudah diatas bisa anda praktekkan dirumah. Anda juga bisa mengintip resep lain seperti resep sup makaroni dan resep nasi goreng sosis yang mantap banget. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]