Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi Secara Alami. Gigi merupakan bagian keras dalam mulut yang mempunyai fungsi merobek dan mengunyah. Gigi mempunyai peran aktif dalam kelangsungan hidup. Namun gigi yang berkarang justru membuat penampilan menjadi minder dan kurang percaya diri.

Karang gigi atau kalkulus gigi merupakan plak atau zat kapur yang menempel pada gigi. Plak gigi bisa mempengaruhi sistem kerja gigi karena plak gigi bisa mengakibatkan gigi goyang, gusi benkak dan berdarah, gigi lepas serta mengakibatkan gigi berlubang. Jadi perlu penanganan khusus untuk menghilangkan karang gigi.


Cara membersihkan karang gigi yang membandel dan melekat dengan sangat eratnya memang sesuatu yang agak susah dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi karang gigi sehingga sulit untuk di hilangkan. salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya karang gigi yaitu karena gigi jarang dibersihkan. Bagi anda yang mempunyai keluhan karang gigi, karang gigi bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami yang jauh lebih sehat yang pasti aman bagi kesehatan mulut dan gigi.

Cara Cepat Membersihkan Karang Gigi

Karang Gigi bisa membuat seseorang menjadi kurang pede saat bertemu teman, keluarga atau orang yang istimewa apalagi saat berbicara maupun tertawa. Selain bepengaruh pada kesehetan, karang gigi juga bisa mengganggu kecantikan, karena saat bicara pasti karang gigi yang menempel akan terlihat sehingga membuat orang tertentu tidak merasa nyaman dan timbullah rasa malu. karang gigi yang tidak dibersihkan secara teratur akan menumpuk dibagian gigi akibatnya karang gigi akan sulit untuk dibersihkan. oleh sebab itu anda mulai dari sekarang untuk selalu teratur membersihkan gigi supaya karang gigi tidak menumpuk dan mengganggu penampilan anda.

Kali ini wartas0l0.com akan membagikan artikel yang akan mengulas menganai cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan bahan alami yang pastinya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Cara yang sangat sederhana bisa anda terapkan untuk menghindari terjadinya karang gigi.

Penyebab Utama Munculnya Karang Gigi

Karang gigi terjadi karena kurang menjaga kebersihan gigi. Penumpukan sisa makanan yang melekat pada sela-sela gigi lama kelamaan menjadi karang gigi. Sisa makanan yang menempel pada gigi lama kelamaan mengeras karena air liur yang kita hasilkan mengandung mineral sehingga terbentuklah sedimentasi atau pengapuran pada gigi yang biasa disebut plak gigi. Karang gigi bisa menyebabkan bau mulut yang menyengat dan gigi mudah keropos.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Rajin Menggosok Gigi

Menggosok gigi dengan cara yang benar akan meminimalisir terjadinya karang gigi. Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari sebelum tidur dan sesuadah makan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Simak Juga:

Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pasta gigi yang mengandung fluoride atau tartar control ampuh menghilangkan karang gigi. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi anda.

Flossing

Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan. lakukan flossing 1 hari sekali agar gigi anda bersih dari karang.

Mengkonsumsi Buah Apel

Buah apel selain bagus untuk diet ternyata mampu membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin agar karang gigi hilang.

Mengkonsumsi Buah Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengkonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga. seringlah memakan buah melon, karena bisa juga untuk menghilangkan karang gigi anda.

Minum Air Putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih. mudah bukan.

Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung

Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulnya karang pada gigi. Apalagi jika Anda sangat malas membersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!

Baca Juga:

Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Kebanyakan orang biasanya hanya mengunjungi dokter gigi ketika terjadi masalah pada giginya. Jarang sekali orang yang datang untuk berkonsultasi saat gigi dalam keadaan sehat. Itulah sebabnya, ketika plak gigi muncul, kebanyakan orang tak menyadari kemunculannya. Padahal, dokter telah menyarankan untuk pergi memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...