Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Mantap dan Laziz

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Mantap dan Laziz, Gambar

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Mantap dan Laziz. Siapa yang tidak kenal dengan Sambal Goreng. Cara mudah membuat Sambal Goreng, cara cepat membuat Sambal Goreng, bumbu Sambal Goreng, resep Sambal Goreng, langkah membuat Sambal Goreng akan kita bahas dalam ulasan kali ini.

Bagi anda yang demen makan makanan pedes, Sambal Goreng merupakan pilihan yang pantas anda coba. Sambal Goreng mempunyai banyak sekali varian dan tambahan bahan makanan. Salah satu Sambal Goreng yang terkenal dan akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Sambal Goreng Tempe.

Dari namanya pasti sudah bisa kebayang asal dari Sambal Goreng ini. Sambal Goreng Tempe merupakan Sambal Goreng dengan bahan utama Kulit Kerbau yang dikeringkan atau disebut krecek dengan tambahan beberapa bumbu yang menghasilkan masakan yang begitu nikmat banget. Terlebih bila Sambal Goreng Tempe disajikan bersamaan dengan nasi uduk dan kerupuk udang, dijamin rasanya lebih nendang.

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe

Cara cepat membuat Sambal Goreng Tempe dan bahan yang begitu mudah didapat membuat Sambal Goreng Tempe mempunyai banyak penggemar. Terlebih bagi para ibu rumah tangga yang mempunyai sedikit waktu. Berikut cara lengkap membuat Sambal Goreng Tempe beserta bumbu yang digunakan.

Baca Juga:

Bahan Membuat Sambal Goreng Tempe

  • 1/2 kg tempe, iris korek pendek
  • Bumbu inti sambal goreng berupa 6 1/2 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 7 batang cabai merah, iris tipis semuanya
  • 1 sdm larutan asam jawa
  • 1/2 sdt terasi udang kukus
  • 1/2 sdt garam halus
  • 6 sdm gula jawa yang sudah diserut
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lbr daun salam
  • Serai seperlunya
  • 4 sdm air

Cara Membuat

  1. Goreng tempe yang telah diiris sampai coklat keemasan dan kering, tiriskan.
  2. Tumis bawang merah, cabai, kemudian bawang putih. Tumis bumbu sambal goreng tempe sampai harum.
  3. Tuangkan larutan asam jawa, garam, terasi, dan gula merah. Masukkan air agar nantinya bumbu bisa membaur dan lengket dengan tempe.
  4. Tambahkan lengkuas, daun salam, beserta serai yang dimemarkan. Masak sampai bumbu layu dan matang.
  5. Masukkan tempe ke dalam tumisan bumbu. Bubuhkan garam, aduk rata sampai kering dan bumbu menempel pada tempe atau tempe semakin mengering. Perhatikan suhu kompor agar tempe tak gosong dan menghitam.
  6. Suguhkan atau simpan dalam toples sambal goreng tempe ala Anda.

Demikian ulasan cara membuat Sambal Goreng Tempe yang praktis, enak dan ngangeni. Anda bisa menambahkan bawang goreng untuk menambah kelezatan masakan. Selamat mencoba. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]