Resep dan Cara Memasak Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, Pedas dan Sedap



sambal goreng kentang ati ampela

Resep dan Cara Memasak Sambal Goreng Kentang Ati Ampela, Pedas dan Sedap. Inilah penjelasan bahan resep dan cara membuat sambal goreng kentang ati ampela yang pedas dan sedap. Tidak ada orang yang tidak suka pedas kecuali yang tidak mau. Hampir semua menyukai masakan pedas dan tergantung tingkat kepedasan untuk setiap penikmat.

Tekstur ati ampela saat di lidah sangat khas dan unik. Layak sekali penikmat kuliner akan bergerilnya mencari pernak-pernik jenis masakan ati ampela. Bisa dengan jajan atau memasak sendiri.

BACA JUGA:

Berikut ulasannya :

Bahan-bahan :

3-4 buah kentang dengan ukuran sedang

10-15 cabe merah segar (tergantung selera pedas)

4 buah biji kemiri

3 siung bawang putih

6 siung bawang merah

1/4 ati ampela (ayam, sapi, kambing)

2 buah daun salam sudah kering

1 helai sereh geprek

Jahe secukupnya sesuai selera geprek

Gula secukupnya

Air secukupnya

Garam secukupnya

Minyak goreng segar

Langkah-langkah :

Potong ati ampela dengan bentuk dadu menjadi beberapa bagian lalu cuci dan rebus sampai matang.

Lembutkan dengan cara menguleg atau blender (bumbu halus) : bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah.

Tumis bumbu halus, masukan air secukupnya. Tumis sampai harum dan berubah warna. Beri gula dan garam secukupnya.

Selalu lakukan koreksi rasa dengan mengambil sedikit kuah satu pucuk sendok makan. Sesuaikan selera pedas, sedap dan gurih dengan calon para penikmat makanan.

Masukan kentang goreng potong dadu, dan ati ampela biarkan sampai meresap beberapa saat. Sesekali dibolak-balik agar posisi terbawah tidak terlalu lama dan bisa gosong nantinya.

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela siap disajikan. Lebih nikmat dimakan saat bersama-sama dan dalam kondisi hangat. Hal ini akan menggugah selera makan. [M. Anis – WartaSolo.com]