Cara Cepat Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi



Cara Cepat Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Cara Cepat Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi. Sebagai orang tua sering mendaati bayinya menangis saat buang air besar atau buang air kecil. Tangisan anak kadang membuat orang tua bingung, Sebagai orang tua hendaknya lebih teliti dalam mengasuh anak. Kenali penyebab anak menangis, bisa kadi anak menangis karena kesakitan.

Ruam popok merupakan luka yang sering membuat anak menangis tak terkira, rasa perih saat terkena air kencing atau BAB membuat anak uring-uringan.Ruam popok merupakan radang/infeksi kulit di sekitar area popok seperti paha dan pantat pada bayi, yang umumnya disebabkan terpaparnya kulit bayi pada zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses bayi dalam jangka waktu lama.

Ruam popok biasanya terjadi pada daerah yang tertutup popok dan selakangan anak. Area popok pada bayi tak dapat dihindari akan bersentuhan dengan sedikit bakteri pada basis tertentu. Bahkan mengganti dan membersihkan secara teratur kadang masih bisa gagal mengangkat bakteri-bakteri tersebut sehingga pada akhirnya mengakibatkan ruam popok pada bayi.

Cara Cepat Mengatasi Ruam Popok

Baca Juga Ulasan Lainnya:

Penyebab ruam popok adalah kelembababan dan kontak terlalu lama dengan zat amonia yang terkandung dalam urine dan feses. Selain itu riwayat ruam popok bisa disebabkan karena alergi, gesekan antara popok dan kulit bayi, pemakaian popok terlalu lama.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terkait dengan ruam popok pada bayi, tidak ada pencegahan yang pasti dan menyeluruh. Namun, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya ruam popok yang intinya sebisa mungkin menjaga agar bayi tetap kering dan bersih. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah ruam popok pada bayi.

  • Mengganti secepatnya jika popok bayi anda kotor untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Bersihkan area popok bayi pada saat mengganti popoknya.
  • Keringkan area popok sebelum memakaikan popok baru.
  • Jika menggunakan pospak, oleskan krim popok tipis-tipis pada area popok agar kulit bayi tidak bersentuhan langsung dengan urin atau kotoran bayi.
  • Pakaikan popok baru yang tidak terlalu ketat untuk memberi ruang bernafas bagi kulit bayi.

Apabila bayi anda sudah mulai makan makanan padat, berikan selang waktu beberapa hari sebelum memperkenalkan makanan baru. Hal ini akan membantu anda menentukan apakah infeksinya berhubungan dengan alergi pada makanan tertentu pada saat bayi anda terkena ruam popok.

Baca Juga:

Anda bisa lebih sering mengganti popok bayi untuk menghindari terjadinya ruam popok selain itu sellu membasuh sampai bersih ketika bayi melakukan buang air besar atau buang air kecil. Usahakan untuk tidak menggunakan tisu basah gunakan air segar agar kebersihan kulit bayi terjaga. Semoga mengenai cara cepat mengatasi ruam popok diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]