Penyebab Dan Ciri-ciri Kista Ganglion



Penyebab Dan Ciri-ciri Kista Ganglion

Penyebab Dan Ciri-ciri Kista Ganglion. Pernahkah anda menemukan benjolan pada pergelangan tangan anda?Dengan bentuk yang keras? Jika iya itu merupakan kista ganglion. Kista ganglion merupakan sebuah benjolan atau tumor di bagian atas persendian atau tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). Benjolan ganglion kista ini tampak seperti kantung yang berisi cairan berwarna bening dengan tekstur kental dan lengket seperti jeli, yang disebut juga dengan cairan sinovial.

Untuk ukuran kista ganglion berbeda-beda ada yang kecil sekecil kacang polong namun ada juga yang besar sebesar bola golf. Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya kista ganglion tidak berbahaya hanya saja kadang keberadaannya mengganggu dan apabila kista sudah besar akan terasa nyeri pada sekitar ganglion.

Kista ganglion bisa muncul pada semua usia baik bayi yang baru lahir hingga orang tua. Ada beberapa kasus kista ganglion dapat sembuh total tanpa adanya pengangkatan namun ada juga yang membesar dan harus dilakukan pengangkatan supaya tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Penyebab Dan Ciri-ciri Kista Ganglion

Kista ganglion paling sering terjadi di punggung tangan tepat di bagian pergelangan tangan, dan biasanya benjolan akan semakin tampak jelas saat kita menekuk pergelangan tangan ke bawah. Meskipun jarang, kista ganglion bisa muncul di tempat lain seperti di ruas jari paling bawah, ujung jari (tepat di bawah kuku), lutut bagian luar, pergelangan kaki, atau punggung kaki. Meskipun ganglion kista tidak berbahaya, kondisi ini kadang-kadang bisa terasa menyakitkan, nyeri dan panas pada bagian yang terkena kista ganglion.

Ciri-ciri awal Kista ganglion

Ciri-ciri yang timbul akibat benjolan kista ganglion ditandai dengan hal-hal berikut ini:

  • Lokasi. Kista ganglion paling sering muncul di daerah tendon atau persendian tangan. Lokasi lain yang juga umum dijumpai adalah di pergelangan kaki dan di punggung kaki. Walaupun jarang, kista ganglion juga bisa terjadi di persendian-persendian lain di tubuh. persendian sangat rentan dengan kista ganglion.
  • Bentuk dan ukuran. Kista ganglion umumnya berbentuk bulat atau lonjong dengan ukuran diameter kurang dari 2.5 cm. Beberapa kista ganglion mungkin tidak teraba, karena ukurannya terlalu kecil. Apabila sendi yang terkena digunakan terus-menerus dengan gerakan berulang, ukuran kista ganglion bisa semakin membesar dan bisa sebesar bola golf.
  • Nyeri. Kista ganglion pada umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, apabila kista ini sampai menekan persarafan, gejala seperti nyeri, rasa tergelitik, mati rasa, atau bahkan kelemahan otot bisa terjadi. Pengangkatan dilakukan bila kondisi sudah tidak memungkinkan.

Penyebab dan Faktor Resiko Kista ganglion

Penyebab munculnya kista ganglion masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Salah satu teori menyebutkan bahwa kista ganglion terjadi akibat adanya suatu trauma yang mengakibatkan jaringan-jaringan di bawah kulit mengalami kerusakan dan bocor. Kumpulan jaringan yang rusak ini kemudian membentuk kista-kista kecil yang bergabung menjadi satu massa atau benjolan yang lebih besar. Teori lain mengatakan bahwa kista ganglion dapat muncul akibat adanya kerusakan pada pelindung tendon, sehingga jaringan di tendon menonjol ke luar.

Simak Juga:

Beberapa faktor yang mungkin bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kista ganglion antara:

  • Berjenis kelamin wanita.
  • Berusia antara 20 sampai 40 tahun.
  • Memiliki riwayat cedera sendi dan tendon.
  • Mengidap penyakit osteoarthritis di bagian sendi-sendi tangan yang berdekatan dengan kuku jari.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai penyebab dan ciri-ciri kista ganglion yang bisa kita ulas. Anda tidak perlu was-was apabila terdapat kista ganglion dalam pergelangan anda. Kista ganglion sifatnya tidak bahaya jadi tidak perlu buru-buru diangkat. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]