Pola Hidup Tidak Sehat Penyebab Radang Sendi



radang sendi

Pola Hidup Tidak Sehat Penyebab Radang Sendi. Penyakit radang sendi atau osteortritis sebenarnya merupakan penyakit yang lazim menimpa orang berusia lanjut. Namun seiring dengan perubahan gaya hidup, penyakit yang sering disebut dengan pengapuran ini juga ditemukan pada kelompok usia muda.

Setiap persendian memiliki lapisan bantalan tulang rawan pada setiap ujung tulang. Tulang rawan ini memiliki permukaan yang licin sehingga memuluskan gerakan tulang dalam persendian. Ausnya tulang rawan persendian akan membuat permukaan yang mulus menjadi kasar dan kehilangan fungsinya sebagai bantalan. Akibatnya persendian menjadi terasa sakit apabila digunakan untuk aktifitas.

Ujung-ujung tulang yang tidak lagi memiliki bantalan akan menebal, sehingga terjadilah tulang bergesek dengan tulang. Setiap tahapan proses ini menimbulkan rasa nyeri. Ostoartritis biasanya terjadi pada lutut, leher, tangan, atau kaki. Tetapi lutut merupakan bagian sendi yang paling mudah terkena akibat tekanan selama aktivitas fisik sehari-hari dan sebagai penopang berat badan..

Gaya hidup yang menjadi penyebab terjadinya radang sendi adalah pola makan yang kurang sehat, kurang berolahraga, obesitas, diet tidak seimbang.kelebihan olahraga juga bisa mempengaruhi terjadinya pengapuran pada persendian.

Para atlet lebih mungkin terkena osteoartritis. Mereka yang bukan atlet namun sering mengikuti olahraga high impact seperti pelari marathon juga rentan mengalami radang sendi di bagian lutut para atlet melakukan latihan dengan tumpuan dibagian kaki sangat banyak sehingga resiko terhadap radang sendi juga semakin besar.

Gejala umum radang sendi antara lain rasa sakit waktu berdiri, berjalan, atau jongkok, nyeri saat naik-turun tangga, sendi kaku, pembengkakan, hingga perubahan bentuk pada sendi. Untuk mengetahui radang sendi bisa dilakukan rontgen. Namun bila gejala yang dialami mengarah ke radang sendi bisa dipastikan itu merupakan radang sendi.

Terapi yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Yang utama adalah perubahan gaya hidup. Kalau radang sendinya karena kegemukan, maka lakukan penurunan berat badan. Atau bisa juga mengurangi naik turun tangga, serta menggunakan sepatu yang tidak terlalu tinggi.

Konsumsi obat-obatan untuk meringankan radang sendi juga akan berakibat pada jantung dan ginjal untuk itu sebaiknya rubah  gaya hidup anda dengan pola hidup sehat, olahraga teratur dan konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Olahraga yang paling aman dilakukan bagi penderita radang sendi yaitu berenang. Karena tumpuan pada kaki sangat sedikit.

Demikian tadi ulasan mengenai radang sendi, semoga ulasan diatas bermanfaat. Selalu jaga kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk antisipasi beberapa penyakit. Baca Juga: Nyeri Sendi Mengganggu Aktifitas Anda, Obati Dengan Obat Alami [YuQe-Wartaolo.com]