HASIL UN SD 2017 ONLINE, Cara Melihat Nilai Ujian Nasional di Website un.kemdikbud.go.id

HASIL UN SD 2017 ONLINE, Cara Melihat Nilai Ujian Nasional di Website un.kemdikbud.go.id

HASIL UN SD 2017 ONLINE, Cara Melihat Nilai Ujian Nasional di Website un.kemdikbud.go.id 17 Juni 2017. Bagaimana cara mudah mengecek hasil nilai UN SD MI sederajat secara online agar tidak bingung. Bagaimana cara mudah untuk melihat hasil nilai ujian nasional 2017 di situs resmi kemendikbud secara online di internet hari ini? Mungkin Anda bertanya-tanya tentang hal ini karena faktanya memang gampang-gampang susah untuk mendapatkan hasil UN terbaru secara online. Info terkini hasil nilai UN SD tahun 2017 di situs kemendikbud secara online di internet?

Bagaimanaca cara mengetahui DANEM SD 2017 yang belum keluar online di Kemdiknas. Website pengumuman hasil UN 2017 SD, SMP, SMK di situs resmi kemendikbud dengan alamat portal un.kemdikbud.go.id dan litbang.kemdikbud.go.id. Sama halnya dengan pengecekan hasil un smp maupun pengumuman hasil nilai un sma sederajat tahun ajaran 2017, untuk mendapatkan hasil nilai un SD terbaru secara online ini juga gampang-gampang susah. SIMAK JUGA: LIHAT HASIL DANEM SD 2017 Online di Website un.kemdikbud.go.id, Pengumuman Nilai UN Sekolah Dasar Disini!

INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

BAGAIMANA CARA MUDAH MELIHAT HASIL UN SD, CEK DANEM SD 2017 ONLINE DI INTERNET? Pengecekan ini akan memberikan informasi daftar nilai un sd/mi sederajat tahun ajaran 2017 untuk area daerah di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, DIY Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Palangkaraya dan kota-kota yang lainnya. Sama dengan pengumuman hasil un sma smk dan juga hasil nilai un smp/mts, informasi terkini hasil un sd/mi sederajat juga dapat anda lakukan secara online dengan HP, PC, Tablet dan Laptop. Mengcek hasil UN secara online mungkin istilah dulunya seperti danem (daftar nilai ebta murni). Biasanya portal yang menyediakan hasil un adalah situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (kemdikbud RI). BACA JUGA: PENGUMUMAN HASIL NILAI UN SD 2017 di Website un.kemdikbud.go.id Kelulusan Ujian Nasional.

Di internet banyak sekali informasi tautan atau link yang memberikan update cara melihat hasil ujian nasional 2017 secara online dengan mudah sehingga diharapkan dapat membantu Anda yang sedang mencari HASIL UN 2017 ONLINE di website un.kemdikbud.go.id 2017.

SIMAK JUGA JADWAL TES SEKOLAH DINAS 2017:

MELIHAT PENGUMUMAN HASIL UN SD 2017

Pengumuman Hasil Nilai UN SD 2017. Siwa/siswi SD/MI sederajat telah usai menjalani ujian nasional tahun 2017. Sesuai jadwalnya, tanggal pengumuman hasil nilai ujian sekolah nasional (USN) jenjang SD tahun 2017 akan diumukan sescara serentak pada hari Sabtu (10/06/2017). Cara melihat atau mengecek pengumuman hasil ujian nasional (UN) SD online terbaru anda dapat mengunjungi situs resmi KEMDIKBUD secara online dengan alamat portal un.kemdikbud.go.id atau http://litbang.kemdikbud.go.id untuk melihat nilai UN 2017 secara online

Di kedua website resmi tersebut seharusnya tersedia informasi lengkap mulai dari surat edaran, USBN 2017, ijazah dan shun, regulasi, tanya jawab dan artikel yang terkait dengan pelaksanaan UN 2017 dan pengumuman hasil UN SD tahun 2017 termasuk cara mengcek pengumuman hasil nilai ujian nasional baik untuk SD, SMP, maupun SMA/SMK sederajat. Namun seperti yang telah kami sampaikan diawal, bahwa untuk melihat nilai ujian nasional secara online ini terbilang gampang-gampang susah. Mungkin ada baiknya jika anda juga mengeceknya secara offline di sekolah masing-masing.

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir:

  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Standar Nasional Pendidikan. Selama ini penentuan batas kelulusan ujian nasional ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pengambil keputusan saja. Batas kelulusan itu ditentukan sama untuk setiap mata pelajaran. Padahal karakteristik mata pelajaran dan kemampuan peserta didik tidaklah sama. Hal itu tidak menjadi pertimbangan para pengambil keputusan pendidikan. Belum tentu dalam satu jenjang pendidikan tertentu, tiap mata pelajaran memiliki standar yang sama sebagai standar minimum pencapaian kompetensi. Ada mata pelajaran yang menuntut pencapaian kompetensi minimum yang tinggi, sementara mata pelajaran lain menentukan tidak setinggi itu. Keadaan ini menjadi tidak adil bagi peserta didik, karena dituntut melebihi kapasitas kemampuan maksimalnya.

Strategi perancangan. Penyusunan standard setting dimulai dengan penentuan pendekatan yang digunakan dalam penentuan standar. Ada tiga macam pendekatan yang dapat dipakai sebagai acuan yaitu:

  • Penentuan standar berdasarkan kesan umum terhadap tes.
  • Penentuan standar berdasarkan isi setiap soal tes.
  • Penentuan standar berdasarkan skor tes.

Pada tiap-tiap akhir tahun kegiatan belajar diambil kesimpulan dan pembukuan standar setting berdasarkan tiga pendekatan tersebut untuk menentukan batas kelulusan.

Nilai Ujian Nasional (NUN, sebelum 2003 bernama Nilai Ebtanas Murni, NEM) adalah nilai yang dihasilkan dari Ujian Nasional yang diselenggarakan secara nasional pada tingkat akhir sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.


Sistem ini mulai diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tahun 1985 dengan nama Nilai Ebtanas Murni (NEM). Nilai Ujian Nasional ini selain sebagai salah satu indikator kelulusan siswa, juga sebagai satu-satunya penentu kompetisi masuk sekolah negeri di jenjang berikutnya, kecuali untuk tingkat universitas yang memiliki sistem penerimaan tersendiri yaitu SNM-PTN).

Mata pelajaran yang diujikan

SD/MI

Untuk tingkat SD/MI ada 3 mata pelajaran yang diujikan yaitu:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Ilmu Pengetahuan Alam

SMP/MTs/MPLB

Untuk tingkat SMP/MTs/MPLB ada 4 mata pelajaran yang diujikan yaitu:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Ilmu Pengetahuan Alam

SMA/SMK/MA

Untuk tingkat SMA/SMK/MA mata pelajaran yang diujikan ada 6 pelajaran untuk SMA/MA (non program Agama) dan 4 pelajaran untuk SMK/MA Program Keagamaan dan 3 untuk SMALB, jenis pelajaran tergantung program yang diambil:

SMA/MA Program IPA

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Fisika
  5. Kimia
  6. Biologi

SMA/MA Program IPS

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Ekonomi
  5. Sosiologi
  6. Geografi

SMA/MA Program Bahasa

  1. Bahasa Inggris
  2. Matematika
  3. Sastra Indonesia
  4. Sejarah Budaya/Antropologi
  5. Bahasa Asing Sesuai Pilihan

MA Program Keagamaan

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Tafsir
  5. Hadist
  6. Fiqih

SMK

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

SMALB

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika

BACA JUGA:

Demikianlah info terkini pengumuman hasil un sd 2017 online melalui website un.kemdikbud.go.id atau http://litbang.kemdikbud.go.id. Selamat mengecek hasil nilai danem UN SD anda dan semoga anda lulus dapat dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya, aamiin. BACA JUGA: PENGUMUMAN HASIL SKD PKN STAN 2017 LIHAT NAMA YANG LULUS TANGGAL 16 JUNI 2017 TKD TAHAP 3. [Nailah Azka – WartaSolo.com]

Kategori: PENDIDIKAN
Tagged as: , dan lainnya.