Google Doodle Hari Ini 1 Mei 2017: Lukisan Affandi



Google Doodle Hari Ini 1 Mei 2017 Lukisan Affandi

Google Doodle Hari Ini 1 Mei 2017: Lukisan Affandi. Hari ini laman utama google ada lukisan Affandi. Seniman terkemuka bangsa Indonesia. Pelukis mengabadikan karyanya lewat gambar penuh makna. Abstrak maupun real menggambarkan pengalaman spiritual, gejolak hati, lingkungan dan sejarah bangsa. Google Doodle Hari Ini 1 MEI 2017 memberikan makna besar seorang maestro pelukis anak bangsa bernama Affandi. 1 mei selain hari bersejaran bagi kaum buruh sedunia juga meyimpan kata-kata bijak harapan awal bulan yang penuh semngat kerja esok hari.

Google doodle hari ini dimunculkan di halaman depan google sebagai bentuk penghargaan kepada seniman bangsa Indonesia.

SEKILAS TEMA GOOGLE DOODLE HARI INI 1 MEI 2017 PELUKIS AFFANDI

Bercerita tentang seniman lukis berkelas berikut sekilas pelukis tema google doodle hari ini 1 MEI 2017 almarhum AFFANDI.

Nama lengkap Affandi Koesoema adalah seorang pelukis yang berbakat yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Ia dikenal sebagai Maestro Seni Lukis dengan gaya abstrak dan romantisme. Selain berbakat, ia juga produktif dalam melukis, tercatat sepanjang hidupnya ia telah menciptakan kurang lebih 2.000 karya lukis. Karya-karyanya telah dipamerkan di berbagai belahan dunia seperti; Inggris, Amsterdam, dan India.

Indonesia adalah Tanah Air dan tempat peristirahatan terakhir bagi Affandi, pelukis produktif yang hidup pada 1907 sampai 1990. Sebelum menggeluti dunia lukis, Affandi pernah menekuni berbagai bidang pekerjaan termasuk menggambar papan iklan.

Google doodle hari ini mengingtakan seorang Affandi yang kerap menyimpan sisa cat dari tempat kerjanya dan menggunakannya untuk mengembangkan sendiri bakat melukisnya. Belajar secara mandiri dan autodidak, dia mulai giat meniru karya seni yang dia lihat di sejumlah majalah impor dari London. Dia kemudian segera menemukan tekniknya sendiri yaitu menuangkan langsung cat dari wadah tabungnya ke atas kanvas. Setelah itu, dengan tangannya sendiri, dia menyapu cat alih-alih menggunakan kuas.

Google doodle hari ini hari ini menampakkan karya besar dengan gaya sapuan khas Affandi tersebut. Garis-garisnya cair namun tetap menyiratkan semangat. Palet warnanya pun serupa dengan yang biasa dia gunakan dalam berbagai lukisannya. Ketika dia bereksperimen dengan banyak gaya, ternyata gayanya yang kita kenal saat inilah yang kemudian menjadi ciri khasnya. ”Selamat ulang tahun Affandi.” Demikian ucapan dari Google melalui situsnya.

Bakat seni lukisnya sangat kental sehingga mengalahkan ilmu-ilmu lainnya yang ada dalam kehidupannya. Pada tahun 1933 saat berumur 26 tahun, ia menikah dengan seorang gadis yang berasal dari Bogor, yaitu Maryati. Mereka dikaruniai seorang putri yang diberi nama Kartika Affandi. Affandi bergabung dalam kelompok Lima Pelukis Bandung. Mereka itu adalah Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi serta Affandi yang dipercaya menjabat sebagai pimpinan kelompok. Kelompok ini memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan seni rupa di Indonesia.

Pada tahun 1943, Affandi mengadakan pameran tunggal pertamanya di Gedung Poetera Djakarta yang pada saat itu sedang berlangsung pendudukan tentara Jepang di Indonesia. Empat Serangkai yang terdiri dari Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Kyai Haji Mas Mansyur, memimpin Seksi Kebudayaan Poetera (Poesat Tenaga Rakyat) untuk ikut ambil bagian.

Pada saat proklamasi tahun 1945, banyak pelukis ambil bagian. Salah satunya adalah menulis sebuah kata “Merdeka atau mati” yang ditulis pada gerbong-gerbong kereta dan tembok-tembok. Affandi mendapat tugas membuat sebuah poster yang menggambarkan seorang yang dirantai, tapi rantainya telah putus. Kata-kata yang dituliskan pada poster tersebut adalah “Boeng, ayo boeng” yang merupakan usulan dari Chairil Anwar.

Perlu kami ingatkan bahwa mei 2017 memiliki segudang peringatan penting seperti awal syaban, awal mei, hari buruh iternasional, persiapan ramadan 1438H, hari aksi trikora, dan masih banya lagi. Simak Juga: Hari Penting Selama Bulan Mei, Tahukah Anda? 

Redaksi WartaSolo mengucapkan selamat hari buruh dan tetaplah semangat terus bekerja keras mencapai semua prestasi untuk membanggakan Negara tercinta Indonesia, bukan hanya untuk buruh saja, semua pekerja keras segala bidang dimana pun berada mari kita berjuang bersama-sama sekeras yang kita bisa untuk mencapai keberhasilan sebagai anak bangsa yang cerdas.

Baca Juga:

Google doodle hari ini juga bertemakan pejuangan kaum buruh dengan Kata-kata Hari Buruh 2017 akan menambah pengertian sebuah perjuangan. Makna dan arti 1 mei akan menjadi lengkap dan semangat. Sukses dan jayalah semua buruh-buruh di Indonesia maupun di seluruh dunia.  Semoga memberikan manfaat. BACA JUGA: GAMBAR DP HARI BURUH MEI 2017 YANG PENUH DENGAN SEMANGAT. [M. Anis – WartaSolo.com]