Perkembangan Janin 33 Minggu dan Permasalahan Yang Sering Dikeluhkan

Perkembangan Janin 33 Minggu dan Permasalahan Yang Sering Dikeluhkan

Perkembangan Janin 33 Minggu dan Permasalahan Yang Sering Dikeluhkan. Janin yang berada dalam rahim dan memasuki usia 33 minggu akan mengalami perkembangan yang luar biasa cepatnya. Bila pada minggu-minggu sebelumnya ibu hamil mengeluhkan berbagai permasalahan seputar morning sicknes, mual, muntah atau badan terasa lemas, berbeda dengan minggu-minggu ini.

Perkembangan janin yang menjadi semakin besar akan membuat anda semakin semangat untuk selalu memberikan stimulasi dari luar. pada minggu ke 33 ini janin sudah tidak lagi dikatakan janin namun bayi. Perkembangan yang begitu signifikan terutama pada indera perasa, pendengar dan penglihatan. Dimana pada usia tersebut bayi sudah mampu merasakan air ketuban, mengecap jari serta menariknya kembali. Gerakan janin pada usia ini juga akan semakin aktif bila dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya.

Namun pada minggu setelahnya gerakan bayi semakin berkurang karena ruang gerak bayi semakin berkurang. Karena semakin bertambahnya berat badan bayi serta berkurangnya air ketuban. Tak hanya itu saja bayi juga sudah bisa mendengarkan detak jantung ibunya, mendengarkan stimulasi suara dari luar serta memalingkan mukanya ketika mendapatkan cahaya dari luar.

Perkembangan Janin 33 Minggu dan Permasalahan

Pada usia kehamilan 33 minggu ada banyak hal yang dirasakan atau dikeluhkan oleh ibu hamil, diantaranya

  • Sering buang air kecil
  • Bengkak pada kaki
  • Lemas
  • Nyeri pada Pergelangan/Persendian

Selama hal tersebut diatas berlangsung wajar, anda tidak perlu merasa cemas. Karena setiap kehamilan itu memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang tidak bisa dipukul rata. Pada usia kehamilan 33 minggu bayi juga akan bertambah berat badan sekitar 0,4 kg hal tersebut akan membuat berat badan anda naik secara drastis serta gerak anda akan menjadi terhambat karena semakin membesarnya ukuran tubuh anda.

Sebaiknya pada usia kehamilan 33 minggu anda rajin berolah raga ringan seperti jalan pagi, yoga untuk ibu hamil, latihan pernafasan untuk mempersiapkan proses kelahiran kelak. Pada usia ini bayi seharusnya sudah berada pada posisi kepala dibawah. namun bagi anda yang masih memiliki bayi dengan posisi sungsang atau melintang pada usia kehamilan 33 minggu, sebaiknya anda terus melakuka berbagai gerakan untuk memutar posisi bayi anda. Misalnya dengan menungging, memperbanyak sujud dengan dada ditempelkan kelantai atau dengan mengganjal pantat anda dengan bantal dan tidur terlentang diatasnya.

Demikian tadi artikel seputar kehamilan 33 minggu yang paling umum dikeluhkan oleh sebagian besar calon ibu baru, terutama bagi mereka yang baru mengalami kehamilan pertamanya. Perasaan was-was pastinya sering menghampiri ketika terjadi perubahan pada tubuhnya. Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.